20 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kenali Kearifan Lokal Kalsel, Peserta KBN 2023 Kunjungi Museum Lambung Mangkurat

1 min read

Salah seorang pendamping peserta saat mengambil gambar miniatur rumah adat melalui ponselnya di Museum Lambung Mangkurat

BANJARBARU – Salah satu rangkaian kegiatan Kemah Bela Negara (KBN) Nasional 2023 yakni berwisata sembari mengenal dan melihat benda-benda bernilai sejarah dan budaya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Peserta saat melihat benda geologi yang ditampilkan di Museum Lambung Mangkurat Kalsel

Salah satu tujuan yakni Museum Lambung Mangkurat Kalsel, pada Jumat (14/7).

Koordinator Kegiatan KBN Nasional 2023, Akhmad Husen mengatakan, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Pagi regu putra dan siang regu putri.

“Kita ingin mengenalkan sejarah, budaya dan kearifan lokal yang ada di Kalsel melalui benda yang ada di museum ini,” ujar Husen.

Sementara itu, Kepala Museum Lambung Mangkurat Kalsel Taufik Akbar mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan keinginan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang menginginkan generasi muda lebih meningkatkan kecintaan terhadap museum.

“Ini penting. Sesuai keinginan Gubernur, generasi muda harus tetap menjaga warisan lokal. Jadi pengaruh asing tidak mudah merusak moral mereka. Apalagi di jaman sekarang ini,” ungkapnya.

Akbar berharap melalui kunjungan peserta dari 17 provinsi ini, Museum Lambung Mangkurat Kalsel semakin dikenal luas dan menjadi salah satu tujuan utama destinasi wisatawan.

“Kami ingin mewujudkan harapan Gubernur, dengan menjadikan Museum Lambung Mangkurat sebagai ikon Kalsel sebagai salah satu museum terbaik,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.