18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pramuka Putri Antusias Ikuti Permainan Tradisional KBN Tahun 2023 di Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Regu Pramuka Penggalang Putri antusias mengikuti permainan atau olahraga tradisional. Seperti, Ketapel dan Gebuk Bantal, di Kemah Bela Negara (KBN) Tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan, di Kiram Park, Kamis (13/7).

Ketua Panitia Ketapel KBN Kalsel Pandu Setiawan mengatakan, dengan memperkenalkan permainan tradisional ini, kepada anak anak Pramuka ini, agar mereka dapat lebih mengenal lagi permainan tradisional yang ada di Tanah Air ini.

Ketua Panitia Ketapel KBN Kalsel Pandu Setiawan

“Kami berharap dengan diperkenalkannya Ketapel kepada anak anak Pramuka dari berbagai daerah di Indonesia ini, maka permainan tradisional ini semakin dikenal,” ungkap Pandu.

Menurut Pandu, pada saat dilaksanakannya permainan tradisional Ketapel ini, para peserta antusias saat mengikuti permainan tersebut.

Meski, lanjutnya, anak anak Pramuka tersebut baru pertama kali mempermainkan permainan Ketapel.

“Kami berharap anak anak Pramuka dari berbagai daerah ini, dapat memperkenalkan permainan Ketapel ini di daerah masing masing,” ucap Pandu.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Gebuk Bantal Nasional Kalsel pada pelaksanaan KBN Kalsel Syamsul Marif.

Wakil Ketua Gebuk Bantal Nasional Kalsel Syamsul Marif

Ia mengatakan, permainan Gebuk Bantal ini diperkenalkan kepada anak anak Pramuka ini, karena memiliki filosofi, agar dalam meraih cita cita tidak pantang menyerah.

“Sebelum memulai pelaksanaan permainan Gebuk Bantal ini, kami memberikan penjelasan kepada anak anak Pramuka mengenai filosofi yang ada di permainan Gebuk Bantal tersebut,” jelas Syamsul.

Sehingga, lanjutnya, anak anak ini dapat termotivasi agar lebih gigih lagi, dalam meraih cita cita mereka tersebut.

Permainan tradisional yang diperkenalkan kepada Pramuka Putri ini, Ketapel, Gebuk Bantal, Terompah Panjang, Tarik Tambang, Hadang, Lari Balok, Panahan, serta Sumpitan.

Seperti diketahui, provinsi Kalsel saat ini menjadi tuan rumah Kemah Bela Negara tingkat nasional ynag dilaksanakan pada 10 – 16 Juli 2023. (SRI/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.