18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Yani Bagikan 500 Paket Daging Kurban Untuk Warga Sungai Jingah

2 min read

Prosesi Menabur Beras oleh Anggota DPRD Kalsel ke Sapi Kurban

BANJARMASIN – Semangat berbagi di momen Idul Adha 1444 H diwujudkan salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Yani Helmi.

Prosesi Penyerahan Parang Dari Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi (kiri) kepada Penyembelih Hewan Kurban (kanan)

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, yang akrab disapa Paman Yani ini menyalurkan tiga ekor sapi bagi ratusan warga di kawasan Sungai Jingah Kelurahan Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara, Jum’at (30/6).

Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi (kanan) didampingi keluarganya

Tiga ekor sapi tersebut dari bantuan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sebanyak satu ekor dan dua ekor dari keluarga besar Paman Yani.

Anggota DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi Memantau Sapi Yang Akan Dikurbankan

“Alhamdulillah di hari kedua hari raya ini, kami sekeluarga melaksanakan ibadah kurban. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur telah menyumbangkan satu ekor sapi kurban,” katanya.

Sebelum penyembelihan, ia melakukan prosesi akad dan serah terima alat sembelih yang diserahkan dirinya kepada penyembelih hewan kurban.

Dalam prosesi penyembelihan, Paman Yani juga menyiapkan “Piduduk” berupa beras, kelapa dan gula merah. Selain itu, ia juga menyiram air kembang di sekujur tubuh sapi dengan tujuan agar sapi tenang saat disembelih.

“Ini untuk melestarikan adat dan tradisi orang Banjar,” jelasnya.

Tahun ini, jumlah paket daging kurban yang dibagikan kepada warga kawasan Sungai lebih banyak. Menyusul sapi yang dikurbankan, ukurannya juga lebih besar. Bahkan ada yang beratnya lebih dari satu pikul.

“Melihat ukuran dan berat sapi kurban ini, kemungkinan daging hasil penyembelihan terbagi menjadi 500 bungkus dengan berat setengah kilogram daging sapi perbungkus,” tambahnya.

Pembagian daging tersebut dilakukan dengan sistem penukaran kupon yang telah didapatkan warga dari ketua RT/RW setempat.

Selain dibantu tim Sekenceng Kalsel, Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini juga turut membagikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan kita dapat melaksanakan ibadah kurban ini di tahun-tahun yang akan datang,” harapnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.