27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Songsong IKN, PARI Pengda Kalsel Yang Baru Terpilih Diharapkan Siapkan SDM Berkualitas

2 min read

BANJARMASIN – Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI) Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia yang baru terpilih diharapkan dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Langkah tersebut dalam rangka menopang Provinsi Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Suasana Seminar Nasional dan Musda ke 6 PARI Pengda Kalsel di Banjarmasin

Harapan itu disampaikan, Ketua PARI Pengda Kalsel Periode 2019-2023, Imam Muttakin kepada wartawan, di sela kegiatan Seminar Nasional dan Musyawarah Daerah (Musda) ke 6 PARI Pengda Kalsel di salah satu hotel berbintang, pada Minggu (25/6).

“Ada beberapa “Pekerjaan Rumah” yang akan diampu oleh teman-teman yang terpilih. Karena Kalsel jadi gerbangnya IKN, ini menjadi program yang harus disiapkan, yaitu kemampuan radiografer untuk menopang IKN, baik dari segi pendidikan, teknologi dan fasilitas rumah sakitnya,” jelasnya.

Imam juga berharap nanti masing-masing kabupaten/kota di Kalsel bisa membentuk Pengurus Cabang (Pengcab) untuk pengembangan PARI.

“Karena memang masih terbatas Radiografer, jadi harapannya ke depan, mudah-mudahan teman-teman yang memenuhi kriteria bisa membuat Pengcab di Kabupaten/Kota di Kalsel,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Ahmad Yani memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Menurutnya, setiap organisasi profesi termasuk PARI Kalsel diharapkan melaksanakan seminar nasional minimal satu tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk memperbaharui pengetahuan Radiografer guna meningkatkan kompetensi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Jadi pelayanan kita akan lebih akurat karena ini misalnya menyangkut dengan diagnostik harus tepat, penggunaan alat harus dikuasai dan update terus menerus,” tuturnya.

Yani juga berharap agar Pengurus Daerah yang terpilih dalam Musda ke 6 PARI Pengda Kalsel dapat benar-benar melayani anggotanya dan juga mampu beregenasi.

“Kita harapnya kalau sudah jadi pengurus betul-betul melayani anggota karena keperluan mereka banyak, antara lain berkaitan dengan rekomendasi STR dan lain-lain,” tambahnya lagi.

Sedangkan, Ketua Panitia, Muhammad Fahmian Noor menambahkan Seminar Nasional ini mengangkat tema “Pemeriksaan CT Scan dan Jenjang Karir Radiologi Indonesia” dengan tujuan agar para peserta bisa mengetahui dan memahami materi yang disampaikan.

Seminar ini menampilkan beberapa Keynote Speaker yaitu Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Radiografer Indonesia (AIPRI), Jeffri Ardiyanto, RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta, Kukuh Nurcahyo dan RSUD Idaman Banjarbaru, Mohammad Rizal.

“Untuk Musda, di Kalsel ada lima Pengcab, yaitu Pengcab Banjarmasin-Batola, Pengcab Banjarbaru-Tanah Laut, Pengcab Tanah Bumbu-Kotabaru, Pengcab Banua Empat dan Pengcab Hulu Sungai Selatan-Tapin. Setiap Pengcab mengirimkan masing-masing satu nama calon ketua dan kemudian dilakukan pemilihan,” jelasnya.

Dalam Musda ke 6 PARI Pengda Kalsel, terpilih Rifna Muthmainnah dari Pengcab Banjarmasin – Batola sebagai Ketua PARI Pengda Kalsel Periode 2023-2027. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.