18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Diskominfo Kalsel Gelar Bimtek ITSA

2 min read

BANJARBARU – Sebanyak 54 orang dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dari 13 Kabupaten-Kota di Kalsel, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) IT Security Assesment (ITSA) tahun 2023, yang digelar Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, bertempat di salah satu hotel berbintang di Kota Banjarbaru, Jum’at (23/6).

Bimtek ITSA merupakan salah satu upaya penting dalam menjalankan pelayanan publik dari Pemerintah Daerah/Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalsel agar dapat menjamin sisi keamanan aplikasi yang digunakan setiap OPD di masing-masing Kabupaten-Kota.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel Muhammad Muslim menyampaikan, dengan adanya bimtek ITSA tahun 2023, pihaknya mengharapkan seluruh OPD mampu dalam mengetahui tingkat keamanan aplikasi yang digunakan masing-masing, serta diharapkan pula dapat mengetahui bagaimana melakukan penilaian kerentanan berdasarkan tingkat kompendensi, dan dapat memferifikasi kemungkinan adanya terobosan terhadap keamanan sistem aplikasi yang digunakan.

Kepala Diskominfo Kalsel Muhammad Muslim

“Bimtek ini penting karena dalam upaya menjalankan pelayanan publik, kita membutuhkan berbagai sistem yang dimanfanfaatkan dalam bentuk aplikasi. Namun tentu harus bisa dikawal agar bisa menjamin dari sisi keamanannya, ” ucap Muslim.

Perkembangan teknologi harus terus dikawal dari sisi keamananya. Untuk itu, telah dilakukan berbagai upaya berbagai upaya diantaranya memferifikasi kemungkinan adanya terobosan terhadap keamanan sistem aplikasi yang kita gunakan. Seperti pengembangan aplikasi dan pembuatan aplikasi yang menjadi tanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

“Oleh karena itu tidak bisa dilaksanakan oleh Diskominfo Kalsel saja, namun seluruh pihak harus terlibat,” lanjut Muslim.

Ia melanjutkan, Bimtek ITSA merupakan kegiatan yang mengumpulkan seluruh OPD disetiap SKPD Kabupaten-Kota untuk dilakukan pembinaan bagaimana para SDM IT disetiap SKPD untuk mendapatkan pemahaman terkait dengan sistem keamanan.

“Oleh karena itu Bimtek ITSA sangat penting manakala ada gangguang pada sistem aplikasi, dapat ditangani para SDM di perangkat OPD masing-masing, ” tutup Muslim. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.