12 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Prioritaskan Infrastruktur Pendukung IKN

1 min read

Kepala Bappeda Kalsel, Ariadi Noor

BANJARBARU – Dalam rangka mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam, Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mempersiapkan infrastruktur penunjang sebagai “Pintu Gerbang” IKN.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel, Ariadi Noor,  mengatakan ada beberapa program prioritas yang sudah disampaikannya ke Menteri Perekonomian dan PUPR. Diantaranya yakni pembangunan jalan bebas hambatan (bypass) Banjarbaru-Batulicin.

Jalan yang mampu memangkas hingga separuh waktu perjalanan itu, menurutnya akan sangat dibutuhkan untuk menunjang distribusi logistik dari kawasan Metropolitan Banjarbakula ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanah Bumbu.

“Jalan itu jelas juga akan menunjang percepatan logistik ke IKN,” ujarnya.

Ariadi menginginkan agar pembangunan bypass mendapat bantuan dari Pusat. Sebab selama tiga tahun terakhir, ABPD yang dikeluarkan oleh Pemprov Kalsel diakuinya sudah lebih dari Rp 1 triliun untuk proses pembangunan jalan itu.

“Masih ada sekitar 50 Kilometer lagi, total biaya yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya diperkirakan sekitar Rp 700 M,” ungkapnya, Senin (19/6).

Selain bypass itu, Ariadi menyebut, jembatan penghubung antara Pulau Laut dan Pulau Kalimantan juga jadi prioritas Pemprov Kalsel untuk mendukung distribusi perdagangan.

Jembatan yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 2 triliun itu, rencananya akan dibangun setinggi 21,45 meter dari permukaan laut.

“Kita sudah sampaikan pembangunan itu dalam Musrenbangnas. Semoga ada bantuan APBN supaya pembangunannya bisa dilanjutkan tahun 2024,” ucapnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.