18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kerjasama Dengan Pihak Ketiga, Dishut Kalsel Akan Miliki Wahana Permainan Baru

2 min read

BANJAR – Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk terus mendorong potensi wisata alam, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel terus meningkatkan pariwisata yang ada di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam. Salah satu peningkatakan pariwisata tersebut, yakni dengan menggandeng pihak ketiga untuk turut serta dalam pembangunan potensi wisata yang ada di Tahura tersebut.

Seperti pada Kamis (15/6), Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel menggandeng PT Shafwah Global Utama, untuk penandatanganan perjanjian kerjasama dengan dalam pengembangan wisata alam dalam rangka penguatan fungsi kawasan Tahura Sultan Adam.

Penandatangan kerjasama tersebut disaksikan Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalsel Raudhatul Jannah, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Suparmi, serta Presiden Direktur PT Shafwah Global Utama Muhammad Helmie.

Kepada sejumlah awak media, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalsel Raudhatul Jannah menyampaikan, suatu kebanggan bagi Pemerintah Provinsi Kalsel, dikarenakan pengembangan kawasan wisata di Tahura Sultan Adam juga menggandeng pihak ketiga. Bahkan, pihak ketiga tersebut merupakan pengusaha asal banua Kalsel.

“Destinasi wisata adalah suatu yang harus menjadi dorongan bagi kita untuk meningkatkan perekonomian dengan melibat seluruh pihak, baik Pemerintah Provinsi Kalsel, pengusaha, dan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya pengembangan destinasi wisata di Tahura Sultan Adam, pihaknya memastikan akan terjadi peningkatan perekonomian. Hal ini dikarenakan akan terdapat banyak kunjungan ke Tahura Sultan Adam, baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel Fatimatuzzahra menyampaikan, sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, bahwa seluruh SKPD Lingkup Provinsi Kalsel dituntut untuk mencari potensi-potensi yang memungkinkan untuk menjadikan pendapatan daerah dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, Dishut Provinsi Kalsel terus mengupayakan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana di Tahura Sultan Adam.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fatimatuzzahra

“Dengan adanya kerjasama bersama PT Shafwah Global Utama, kita harapkan bahwa peningkatan sarana dan prasarana di Tahura Sultan Adam akan meningkatkan jumlah kunjungan wisata,” ungkap Aya (sapaan akrabnya).

Ia menambahkan, dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana di Tahura Sultan Adam, pasti akan diikuti dengan meningkatnya pendapatan daerah di Kalsel.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Shafwah Global Utama Faradina menyampaikan, alasan pihaknya tertarik melakukan kerjasama dengan Tahura Sultan Adam untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di area ini, dikarenakan pihaknya melihat potensi alam di Tahura tersebut dapat dikembangkan agar lebih maju seperti pariwisata yang ada di luar daerah.

“Kita mau mengembangkan tahura ini tentunya bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Kalsel,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam penandatangan kerjasama tersebut, Tahura Sultan Adam akan menambah fasilitas sarana dan prasarana pariwisata, diantaranya yakni Glamour camping, caffee atas langit, permainan paint ball dan outbond, resort bukit batu, camping ground, wahana air seperti jetski dan sepeda air, dan diseluruh area sarana dan prasarana yang akan dibangun tersebut akan ada wahana permainan anak. Peresmian pembangunan sarana dan prasarana tersebut, direncanakan pada tahun baru 2024 mendatang. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.