20 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jelang Idul Adha, Inflasi Kalsel Turun Jadi 4,74 Persen

2 min read

BANJARBARU – Inflasi di Kalsel pada Juni 2023 mengalami penurunan, dari sebelumnya sebesar 5,47 persen kini berada dikisaran 4,74 persen.

Turunnya inflasi di Kalsel tersebut, disampaikan langsung Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Suparmi, saat mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi yang digelar secara virtual bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Repulik Indonesia, di Command Center (CC) Setdaprov Kalsel, pada senin (13/6).

Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Suparmi

Rakor yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ini diisi dengan paparan dari sejumlah sektor terkait, yang membahas tentang kenaikan harga barang dan komoditas yang memerlukan perhatian menjelang hari raya Idul Adha pada Kamis (29/6) mendatang.

Saat memimpin rakor, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan, menjelang hari raya Idul Adha, pihaknya menghimbau agar masing-masing daerah dapat memonitor kenaikan harga bahan-bahan pokok. Serta melaksanakan antisipasi akan kemungkinan kebutuhan pangan yang akan naik, termasuk hewan qurban.

“Tolong monitor daerah masing-masing, terutama yang harganya terlalu tinggi, agar dapat distabilkan,” ucap Tito.

Sementara itu, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel Suparmi menyampaikan, inflasi bulanan Kalsel berada di angka 4,74 persen dan untuk nasional tetap di angka 4 persen. Dan penyumbang inflasi di Kalsel sama dengan di tingkat nasional yaitu daging dan telur ayam ras dan bawang merah.

“Alhamdulillah inflasi bulanan Kalsel kita berada di angka 4,74 dan untuk nasional tetap di angka 4,” ungkap Suparmi.

Ia melanjutkan, langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam pengendalian inflasi telah dilakukan, termasuk gerakan menanam cabai yang sudah berlangsung, termasuk dalam bentuk lomba menanam cabai tingkat SKPD.

“Kami berharap minggu ketiga dan keempat sampai dengan awal Juli inflasi di Kalsel dapat terus terkendali,” tutup Suparmi. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.