18 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Dispora Kalsel Gelar Pelatihan Berbasis IPTEK Untuk Pemuda Peduli Lingkungan

2 min read

BANJARMASIN – Dalam rangka meningkatkan peranan pemuda peduli lingkungan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Pelatihan Berbasis Iptek, di salah satu hotel berbintang, Senin (29/5).

Pelatiham yang diikuti perwakilan pemuda di 13 Kabupaten/Kota di Kalsel, Senin (29/5), dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah.

Kadispora Kalsel Hermansyah

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan serta kepedulian pemuda terhadap isu lingkungan,” ungkapnya.

Melalui pelatihan tersebut, Dispora Kalsel berharap dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan pemuda, sebagai upaya pemberdayaan pemuda dalam proses pengelolaan sampah yang merupakan bagian pembelajaran bagi pemuda untuk lebih bermasyarakat.

“Sehingga pada program pelatihan pemuda berbasis iptek ini, untuk memberikan pemahaman bagi pemuda tentang bagaimana mengelola bank sampah di masyarakat agar lingkungan dapat terjaga,” jelasnya.

Mengingat, tambah Hermansyah, peran para pemuda sangat diperlukan dalam pengelolaan sampah dan menjaga lingkungan.

“Sampah plastik merupakan sampsh yang sulit untuk dikelola, sehingga perlu dikelola dengan baik,” katanya.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pemuda, dapat berperan aktif dan meoptimalkan sebagai subjek atau pelaku dari berbagai upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup seperti daur ulang sampah, pengurangan penggunaan sampah plastik dan penanaman pohon.

“Dengan pengelolaan sampah yang baik tersebut, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan menerapkan pengelolaan bank sampah,” tuturny

Sementara, Panitia Pelaksana, Gusti Ismia Ruhyanti mengatakan, kegiatan pelatihan pemuda berbasis iptek ini diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 29-31 Mei 2023 dengan menghadirkan narasumber yaitu Dispora Kalsel, Dinas Lingkungan Hidup, Arief Community Waste Bank, Bank sampah induk kota Banjarmasin dan Bank sampah sekumpul Kab Banjar.

“Jumlah peserta sebanyak 50 Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) dari 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan,” tambahnya. (SRI/NRH/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.