22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kalsel Bersiap Jadi Tuan Rumah Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 2023

2 min read

BANJARBARU – Kalimantan Selatan bakal menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan perdana Kemah Bela Negara tingkat Nasional. Perhelatan ini diagendakan pada 10 -16 Juli 2023.

Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, meminta agar seluruh stakeholder dari Pemprov Kalsel untuk turut mendukung penyelenggaraan ini. Apalagi kegiatan tersebut digelar secara nasional dan akan dihadiri hingga ribuan orang dari luar daerah.

Suasana rapat persiapan Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 2023 di Kalsel dipimpin Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar diikuti seluruh SKPD Pemprov dan TNI/Polri

“Kesiapan penyelenggaraan yang tinggal satu bulan lagi, salah satunya penyediaan air bersih dan siap diminum, logistik makanan, sarana transportasi mulai dari kelancaran untuk jalur sampai nanti sistem penjemputannya ke bandara. Setelah itu, juga diperlukannya penerangan serta koneksi internet. Jelas, perlu sinerginitas seluruh jajaran Pemprov Kalsel dan stakeholder lainnya,” ujarnya saat mempimpin rapat perdana dalam kesiapan penyelenggaraan Kemah Bela Negara, di Ruang Rapat H Maksid Setdaprov Kalsel, Selasa (23/5) siang.

Ketua Harian Kwarda Pramuka Kalsel yang sekaligus Ketuplak Kemah Bela Negara, Agus Salim, berterima kasih atas dukungan penuh Pemprov Kalsel. Bahkan, adanya dorongan itu diharapkan acara yang dirangkai perdana ini bisa terlaksana sukses dan bisa memberikan kesan terbaik kepada peserta dari berbagai daerah yang berkunjung.

“Alhamdulillah, sesuai arahan pimpinan juga dan turut didukungnya kegiatan ini tentu bisa berjalan sesuai harapan dan berjalan sukes,” harapnya.

Total target kepesertaan, beber dia, lebih dari 1.700 orang akan ikut berpartisiasi dalam gelaran perdana di Kalsel yang menyasar di 34 provinsi.

“Itu sudah termasuk peserta dan bina dampingnya ditambah lagi Kwarcab 13 kabupaten/kota,” ungkap Agus yang juga merangkap sebagai Ketua Pelaksana Kemah Bela Negara Nasional 2023.

Ia mengungkapkan, ada tiga titik yang bakal menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan Kemah Bela Negara tingkat Nasional tahun 2023 di Kalsel.

“Tahura Sultan Adam Mandiangin, Kiram Park dan Pantai Batakan Baru. Nanti juga ada kunjungan edukasi ke museum dan perpustakaan daerah,” paparnya.

Sebagai bentuk dukungan, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kalsel, Achmadi, turut serta menanggapi positif kegitan ini. Di mana, pihaknya bersama Taruna Siaga Bencana (TAGANA) akan ikut serta memeriahkan acara nasional ini.

“Kami juga akan mengerahkan 4 unit dapur lapangan di 4 lokasi yang berbeda. Kemudian, pengerahkan 3 unit dapur umum lagi. Tak lupa akan memasang tenda-tenda yang sekiranya diperlukan panitia pelaksana kemah bela negara ini,” bebernya.

Tak hanya personel, dibeberkan Achmadi, juga menyiapkan sarana air bersih dan siap minum sebagai tindaklanjut atas arahan dari Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar.

“Nanti ada tiga tangki dengan kapasitas 5.000 liter untuk sarana prasarana air bersih dan 1 mobil water treatment bagi peserta. Mengingat kami juga turut memerhatikan kondisi cuaca,” ungkapnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.