23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPBD Banjar Pastikan Kesiapan Hadapi Karhutla

1 min read

Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita

BANJAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar memastikan kesiapannya menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meski sudah memasuki musim kemarau, hujan masih akan terjadi di Kabupaten Banjar hingga Juni 2023.

Kendati demikian, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Warsita menyebut, pihaknya tetap mengikuti arahan dari BPBD Kalsel, jika diminta menetapkan status siaga karhutla.

Apalagi diakuinya, BPBD Banjar juga mempersiapkan 4 regu, yang sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini terus bersiaga di posko penangggulangan bencana.

“Posko dan regu itu memang sebelum ada peringatan karhutla ini sudah kami siapkan, mereka berjaga 24 jam,” ujarnya, Rabu (3/5).

Berdasarkan hasil pemetaan, Warsita menyebut, ada dibeberapa kecamatan di Kabupaten Banjar yang rawan karhutla, antara lain Kecamatan Aluh Aluh, Martapura Barat, Martapura Timur, Beruntung Baru dan Kecamatan Gambut.

“Nanti kalau memang status siaga karhutla ditetapkan, kita akan bangun posko di sana,” ungkapnya.

Warsita menambahkan, pihaknya juga akan memanfaatkan Early Warning System (EWS) di Kecamatan Pengaron, untuk memberikan peringatan dini karhutla.

“Kalau pemanfaatannya kan memang EWS itu untuk banjir, tetapi karena disana itu EWS nya manual, kita bisa minta operator untuk membantu memberikan peringatan dini karhutla juga,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.