18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Kalsel Apresiasi Dukcapil Banjarmasin Yang Sosialisasikan dan Lakukan Aktivasi IKD ke Kantor-Kantor Pemerintah

2 min read

BANJARMASIN – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan apresiasi terhadap langkah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin yang terus berupaya melakukan sosialisasi dan aktivasi penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) ke kantor-kantor pemerintahan. Hal itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias, kepada wartawan usai memantau kegiatan sosialisasi dan aktivasi penerapan IKD di kantor DPRD Kalsel, pada Selasa (2/5).

“Kami apresiasi langkah Dukcapil Kota Banjarmasin dalam rangka penerapan IKD ke kantor-kantor dan tempat-tempat umum. Salah satunya di DPRD Kalsel untuk Anggota Dewan dan pegawai di lingkup Sekretariat DPRD Kalsel,” katanya.

Suasana Sosialisasi dan Aktivasi IKD di Kantor DPRD Kalsel

Rachmah berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan agar target yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri bagi Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, yakni cakupan kepemilikan Identitas Kependudukan Digital untuk tahun 2023 sebesar 25 persen dari jumlah pemilik KTP elektronik di daerah tersebut bisa tercapai.

“Mudah-mudahan bisa tembus 100 orang yang mengaktifkan IKD hari ini,” harapnya.

Selain itu, Rachmah berharap Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel juga turut serta membantu untuk mencapai target tersebut, dengan melakukan sosialisasi IKD melalui kegiatan sosialisasi Perda kepada masyarakat di Banua.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kalsel, Supian HK. Pasalnya selain untuk mempermudah urusan pelayanan publik, menurutnya, KTP digital juga untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang.

“KTP digital juga sudah tersambung dengan sistem informasi data pemilih di KPU sehingga masyarakat bisa mengecek namanya sudah masuk di dalam daftar pemilih tetap pemilu ataukah tidak melalui KTP digital yang dimilikinya,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi dan aktivasi IKD diawali oleh Ketua DPRD Kalsel, Supian HK didampingi Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rahmah Norlias. Terlihat antusiasme anggota dan para staf Sekretariat DPRD dalam mengikuti kegiatan tersebut. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.