14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Pemprov Kalsel Gelar Apel Kesiapan Mudik Gratis, Bersama Paman Birin Tahun 2023

2 min read

BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan program Mudik Gratis bersama Paman Birin berjalan aman dan nyaman bagi para penumpang. 45 armada telah disiapkan untuk memberangkatkan ratusan penumpang dengan tujuan Kabupaten Tabalong hingga Kabupaten Kotabaru pada tanggal 19 – 20 April 2023 mendatang.
Pada saat apel kesiapan mudik gratis bersama Paman Birin tahun 2023, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel, pada Kamis 13 April, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan arus mudik pada tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan. Sehingga harus dilakukan pemantauan terhadap jalur darat, laut maupun udara oleh SKPD terkait khususnya Dinas Perhubungan Kalsel.

Gubernur Kalsel mengecek kondisi kesiapan Minibus Mudik Gratis

“Saya mengingatkan kepada SKPD terkait, terlebih khususnya Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel, agar selalu memantapkan perkembangan arus mudik, baik melalui jalur darat, udara, laut dan sungai, ” ucap Sahbirin Noor.

Sahbirin Noor melanjutkan, tahun 2024 mendatang, program mudik gratis akan ditingkatkan lagi dengan merangkul Organisasi Angkutan Darat (Organda) dalam menambah jumlah armada.

“Waktu 6 jam koutanya sudah habis, jadi kalau tahun 2024 akan bisa ditambah lagi armadanya,” Tutup Paman Birin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel Fitri Hernadi menyampaikan, mudik Gratis bersama paman birin mendapat apresiasi yang luar biasa dari Masyarakat, dimana dalam waktu 6 jam, Kuota mudik gratis sudah penuh dipesan masyarakat. Antusias masyarakat sudah terlihat sebelum memasuki bulan Ramadhan. Armada dari seluruh SKPD Pemprov Kalsel yang disediakan ada 45 armada dengan kapasitas 15 orang setiap armada.

“Pendaftaran dibuka seharusnya dari tanggal 12 sampai 15 April 2023, namun hanya 6 jam sudah memenuhi kouta penumpang, ” Ucap Fitri.

Pendaftar mudik gratis bersama Paman Birin terbanyak dari kalangan para pelajar dan mahasiswa dengan persentase sebanyak 24 persen, wiraswasta dan PNS dengan persentase 36 persen dan profesi lainnya.

Dilanjutkan Fitri, mudak lebaran kedepan pihaknya akan lebih banyak melibatkan stakeholder baik dari SKPD Pemprov Kalsel maupun dari Organda. Adapun untuk titik keberangkatan dari Siring 0 Kilometer Banjarmasin dan Lapangan dr. Murdjani Banjarbaru tepatnya di depan Kantor Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.