18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdag Kalsel Pastikan Stok Bapok Aman Hingga Lebaran

1 min read

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, melalui Dinas Perdagangan Kalsel memastikan, ketersediaan bahan pokok akan tetap aman selama bulan Ramadhan hingga Lebaran.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (12/4) menjelaskan, dari hasil pendataan pihaknya ke pasar Sentra Antasari, pasar Kalindo dan pasar Sederhana berlokasi di Banjarmasin, pada Senin 10 April 2023, untuk ketersediaan bahan pokok masih aman, karena stoknya banyak. Ia memastikan hingga Hari Raya Idul Fitri bahkan tiga bulan ke depan, tidak akan mengalami kekurangan bahan pangan di Kalsel.

“Harga bahan pokok dinilai sangat stabil,
bahkan ada beberapa produk yang justru menunjukkan penurunan harga, meski penurunannya hanya ratusan rupiah hingga Rp. 1.500 rupiah, diantaranya penurunan produk ayam kampung, telur bebek, cabe hijau, cabe lokal, kentang, kubis dan ikan Papuyu,” ungkap Birhasani

Birhasani mengatakan, kegiatan pendataan ini rutin dilakukan pihaknya baik di distributor, pedagang besar, dan ke pasar tingkat kota serta kabupaten. Hal itu dimaksudkan untuk menjaga harga bahan pokok tetap stabil dan terkendali, agar dapat terpenuhi keperluan masyarakat dengan baik.

“Kita ke lapangan tetap menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha, serta pihak lain seperti KSOP, Satgas Pangan, maupun jajaran Dinas terkait di lingkup Pemprov Kalsel,” ucapnya

Lebih lanjut Birhasani menambahkan, bagi
masyarakat diminta untuk tetap berhemat dalam penggunaan bahan pokok, yaitu hemat BBM, elpiji, dan listrik, agar tidak panik buying, dan berbelanja sesuai keperluan saja, selektif serta cerdas dalam memilih barang.

“Warga kami imbau tidak melakukan aksi beli dengan cara memborong, agar ketersediaan dan harga bahan pokok tetap terjaga,” tutupnya. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.