20 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Birin Terima Top Pembina BUMD 2023

3 min read

Kepala Biro Perekonomian Kalsel (tengah) mewakili Gubernur menerima penghargaan Top Pembina BUMD 2023

JAKARTA – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin, dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD Tahun 2023 pada penganugerahan penghargaan Top BUMD Awards 2023 yang digelar Rabu (5/4) malam di Jakarta.

Prestasi Paman Birin ini, tak lepas dari keberhasilan membawa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mendapatkan penghargaan predikat Bintang 5, yang diraih Bank Kalsel.

Selain itu, penghargaan Pembina BUMD 2023 juga diraih Paman Birin atas keberhasilan PT Bangun Banua menjadi Top BUMD Award 2023 kategori Aneka Usaha Bintang 4.

Pada penghargaan itu pula diiringi dengan keberhasilan PT Bank Pembangunan Daerah (Bank Kalsel), yang meraih Top BUMD Award 2023 dengan Predikat Bintang 5.

Di samping itu, Bank Kalsel juga meraih predikat Top CEO BUMD 2023 yang diterima Plt Direktur Utama, Fachrudin.

Sementata BUMD PT Bangun Banua Kalimantan Selatan meraih Top BUMD Award 2023 kategori Aneka Usaha Bintang 4, serta HM Bayu Budjang selaku Direktur Utama PT Bangun Banua meraih Top CEO BUMD 2023.

Penghargaan Top BUMD Award 2023 diterima Paman Birin melalui Kepala Biro Perekonomian Raudatul Jannah.

Raudatul Jannah bersyukur atas raihan berbagai penghargaan TOP BUMD 2023 ini.

“Alhamdulilah. Kami bersyukur atas penghargaan ini dan kami apresiasi atas kinerja Bank Kalsel dan PT. Bangun Banua atas capaiannya selama ini,” ujar Raudatul Jannah yang didamping Nasrullah, Kepala Bagian BUMD dan BLUD.

Diungkapkan Raudatul Jannah, selain meningkatkan kinerja semakin baik, penghargaan ini juga akan memotivasi untuk terus meningkatkan peran serta untuk menyejahateraan warga Banua bersama-sama dengan pemerintah.

“Tentu kita akan terus mendorong BUMD di Kalsel meningkatkan pelayanan pada berbagai aspek yang berujung untuk kesejahteraan warga Banua,” terang istri Gubernur Kalsel ini.

Diketahui, penghargaan Top BUMD Awards diberikan kepada BUMD unggulan dari seluruh Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap.

Kegiatan tahunan ini diselenggarakan Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) serta beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis. Kegiatan ini juga didukung Kementerian Dalam Negeri RI.

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2023 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani menyatakan, Top BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” katanya.

Menurut Lutfi, kegiatan Top BUMD Awards 2023 ini dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI, karena sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah

Ada beberapa kategori penghargaan akan diberikan kepada para pemenang Top BUMD Awards 2023. Pertama adalah TOP BUMD Awards Klasifikasi Level Bintang 1-5 dari berbagai sektor usaha antara lain BPD/BPR/BPR-BKK/BPRS/PDAM/Jamkrida/Pasar Daerah/RSUD/BLUD/BUMD Aneka Usaha/Dinas Pemda (Dinas Pemda yang membawahi atau mengelola Badan Usaha di daerah, karena belum dibentuk BUMD yang menangani usaha terkait.

Selain itu, ada Penghargaan Kategori Khusus, Top of the Top BUMD 2023, Golden Trophy (Peraih Bintang 5 selama 3 tahun berturut-turut), Top CEO BUMD 2023, dan Top Pembina BUMD 2023 (Gubernur, Walikota, Bupati).

“Penghargaan kategori Top Pembina BUMD diberikan kepada Gubernur, Bupati atau Walikota yang BUMD-nya mendapat penghargaan, karena keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan kepala pemerintahannya,” jelasnya.

Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis Top BUMD Awards 2023 ini. Pertama adalah pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Selain itu, terus melakukan perbaikan (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki strategi/inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi atau kenormalan baru. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.