20 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Yani Terus Dorong Generasi Muda Untuk Perkokoh Ideologi Pancasila Dalam Persatuan dan Kesatuan NKRI

2 min read

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel M Yani Helmi saat Menyampaikan Materi Nilai-Nilai Dasar Pancasila dan Semangat Persatuan

TANAH BUMBU – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, mendorong generasi muda untuk bisa mengimplementasikan nilai-nilai Ideologi Pancasila sebagai landasan dasar memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila juga menghadirkan Narsum dari Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel

“Kita ketahui generasi muda tidak hidup di zaman dulu, tetapi, semangat perjuangan dimasa lalu itu yang perlu digelorakan agar pembangunan banua dapat sejajar dengan daerah lainnya,” ujarnya kepada awak media, usai melaksanakan kegiatan Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila, di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (27/3).

Suasana kegiatan Sosialisasi Revitalisasi dan Aktulisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila yang digelar di Kelurahan Kampung Baru, Simpang Empat, Tanah Bumbu

Menurutnya, generasi muda merupakan calon penerus bangsa yang sah dalam melanjutkan perkembangan positif bagi negara sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

“Dibangku sekolah mungkin diasah dan diajarkan nilai-nilai dasar Pancasila. Namun, kalau bisa kegiatan ekstrakuliler juga sangat baik lagi ditanamkan untuk menguatkan ideologi mereka untuk mempertahankan NKRI,” tegasnya.

Apalagi berkembangnya zaman, tuntutan digitalisasi membuat pertumbuhan informasi apapun semakin meluas. Tak jarang, hoax juga masih bertebaran diseluruh jejaring media sosial (medsos).

“Zaman ke zaman, kita akan menghadapi tantangan yang sangat maju. Generasi muda lah yang akan melanjutkan perjuangan ini, makanya, tidak hentinya kami terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dan semangat persatuan,” ungkap legislatif membidangi ekonomi dan keuangan di DPRD Provinsi Kalimantan Selatan yang kerap disapa Paman Yani.

Sementara itu, Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalsel, Harry Widhiyatmoko, menyampaikan, dengan adanya Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila yang terus digencarkan ini setidaknya generasi muda dapat memahami lebih dalam mengimplementasikan penguatan diri berbangsa dan bernegara berasaskan persatuan.

“Kegiatan ini untuk membendung paham-paham yang bertentangan sehingga Ideologi Pancasila tetap berdiri kokoh dengan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan. Bahkan terpenting di dalamnya harus bisa memegang teguh empat pilar berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Ia tak lupa mengingatkan kepada generasi muda agar tidak mudah terprovokasi dan terintimidasi atas paham radikalisme melalui berbagai jejaring informasi dan medsos yang sumbernya tidak bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan.

“Kalau kita tidak bisa memilah maka mudah termakan informasi yang tidak benar. Apalagi yang perlu diwaspadai adalah paham-paham berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya.

Dilokasi yang sama, Ketua RT 13 Kampung Baru, Ernawati, menyambut baik dan mengapresiasi atas terselanggaranya penyelenggaraan penguatan Nilai-Nilai Ideologi Pancasila di wilayahnya.

“Alhamdulillah, Paman Yani bisa merangkul pemuda/pemudi di Kelurahan Kampung Baru ini. Semoga mereka bisa mengambil langkah-langkah ke arah yang lebih positif,” tuturnya.

Disela penyelenggaraan Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Ideologi Pancasila, legislatif dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru ini juga menyempatkan diri untuk memberikan bingkisan kepada peserta yang beruntung menjawab pertanyaan. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.