14 Juli 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Antarkan 400 Prajurit Pamtas RI – Papua Nugini, Ini Pesan Paman Birin

2 min read

Gubernur Kalsel menyalami prajurit Satgas Pamtas

BANJARBARU – Adalah suatu kebanggaan bagi prajurit TNI, apabila terpilih menjadi bagian dari Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas), karena tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan dan kepercayaan, untuk melaksanakan tugas mulia dari negara.

Kesempatan ini hendaknya bisa dijadikan sebagai motivasi, untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Sekaligus menumbuhkan kebanggaan bagi keluarga, kesatuan, dan juga masyarakat Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel (sasirangan) saat inspeksi barisan prajurit Satgas Pamtas

Pesan inilah yang disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, saat mengantarkan keberangkatan 400 Prajurit dari Yonif 623/Bhakti Wira Utama, ke Papua Barat dalam rangka pengamanan perbatasan di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Upacara pengantaran yang dipimpin langsung Paman Birin (sapaan khas Gubernur) di Lapangan Wiratama Yonif 623/BWU kawasan Sungai Ulin, Kota Banjarbaru ini, berlangsung pada Minggu (26/3).

Satgas Yonif 623/BWU akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI – Papua Nugini selama kurang lebih 12 bulan, dengan wilayah meliputi kabupaten Sorong Selatan dan kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, saya ucapkan selamat dan sukses, kepada para prajurit, yang terpilih menjalankan tugas, sebagai Satgas Pamtas RI-Papua Nugini”, ucap Paman Birin.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, kehadiran prajurit harus mampu memberikan dampak positif, tidak hanya bagi kepentingan keamanan wilayah, tetapi juga dapat membina masyarakat, agar tetap memiliki wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan nasionalisme yang tinggi.

“Saya berharap, dalam melaksanakan tugas, para prajurit senantiasa memelihara hubungan baik, dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan juga masyarakat, serta terus waspada, guna mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan,” tambahnya.

Diakhir amanatnya Paman Birin berpesan agar menjadi prajurit terbaik, yang tidak hanya patuh dan setia, tetapi kehadirannya juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Selamat jalan dan selamat bertugas. Semoga selamat sampai tujuan, dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, serta dapat pulang kembali ke Batalyon,” pungkas Gubernur.

Selain untuk memberikan dampak positif bagi kepentingan keamanan di wilayah, Satgas Yonif 623/BWU mempunyai tugas pokok berupa kegiatan Binter dan Komsos Kreatif, cegah stunting, peningkatan mutu pendidikan, membangun kampung Pancasila dan melaksanakan penggalangan terhadap tokoh masyarakat di wilayah. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.