26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPAM Banjarbakula Persiapkan Kedatangan Presiden Joko Widodo

1 min read

SPAM Tahap II Banjarbakula yang berkapasitas 500 liter perdetik

BANJARBARU – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, direncanakan bakal kembali menyambangi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 16-17 Maret 2023.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, untuk memanen dan shalat Istighosah bersama di Kabupaten Tabalong.

Selain itu, Jokowi (sapaan akrab Presiden) juga akan mengunjungi pasar Batuah Martapura sekaligus meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahap II berkapasitas 500 liter perdetik di Balai Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula, Banjarbaru.

Mengetahui hal itu, pihak BPAM Banjarbakula melakukan persiapan menyambut rencana kedatangan Presiden RI yang dijadwalkan pada Jumat (17/3).

Kepala BPAM Banjarbakula, Muhammad Berty Nakir mengatakan, persiapan yang dilakukan meliputi pengaspalan jalan menuju lokasi, hingga pembersihan sejumlah sarana dan prasarana BPAM Banjarbakula.

Kepala BPAM Banjarbakula, Muhammad Berty Nakir

“Persiapan ini sudah kita lakukan sejak kurang lebih satu bulan yang lalu,” ungkapnya, Senin (13/3).

Selain SPAM berkapasitas 500 liter perdetik, BPAM Banjarbakula juga memiliki SPAM berkapasitas 250 liter perdetik.

Dengan kedua SPAM itu, pada tahun 2022 lalu, SPAM Banjarbakula telah melayani 43.402 Sambungan Rumah (SR) di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

“Untuk wilayah kota Banjarmasin masih kami negosiasikan terkait harga,” bebernya.

Untuk diketahui, pembangunan tahap I SPAM Regional Banjarbakula berkapasitas 250 liter perdetik dengan bangunan reservoir berkapasitas 2.000 m3 telah diselesaikan pada 2016.

Sedangkan pembangunan tahap II berkapasitas 500 liter perdetik dilengkapi dengan bangunan reservoir berkapasitas total 3.000 m3 serta penerapan sistem Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) telah selesai pada akhir tahun 2021. 

Dengan total kapasitas sebesar 750 liter perdetik saat ini, ditargetkan sebanyak 74.202 SR secara bertahap dapat terlayani pada 2024. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.