14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Masuki Usia ke 20 Tahun, SMA Negeri 1 Karang Intan Bidik Akreditasi A

2 min read

Proses pemotongan kue HUT ke 20 SMAN 1 Karang Intan

BANJAR – SMA Negeri 1 Karang Intan, Kabupaten Banjar, diminta terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam menyiapkan generasi berkualitas dan unggul.

Permintaan itu disampaikan Bupati Banjar Saidi Mansyur, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan, Ikhwansyah, saat menghadiri puncak peringatan HUT SMA Negeri 1 Karang Intan, Kamis (9/3).

Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan Setdakab Banjar, Ikhwansyah, saat membacakan sambutan Bupati Banjar

Menurut Bupati, peserta didik yang saat ini menimba ilmu di sekolah itu merupakan generasi milenial yang 10 sampai 15 tahun mendatang, merupakan generasi yang sangat produktif.

Selain harus memiliki kecerdasan dan keahlian, generasi milenial ini menurutnya harus produktif serta berjiwa kreatif dan inovatif, agar memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan di masa mendatang.

“Ini jadi tanggung jawab besar bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), untuk menjadikan mereka sebagai generasi yang mampu berkiprah dan memberikan peran terbaik dalam pembangunan,” ucapnya.

Seluruh jajaran sekolah, menurutnya, juga harus turut berkontribusi mencari langkah strategis dalam mengatasi berbagai problema dunia pendidikan di Kabupaten Banjar dan Kalimantan Selatan.

“Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Karang Intan harus terus berkarya dan berinovasi dalam menyiapkan generasi yang berkarakter religius, berbudaya, cerdas, kreatif, dan inovatif serta mengutamakan akhlak yang mulia,” pintanya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Karang Intan, Ayu Herlina Rustam mengaku, domisili sekolah yang memiliki tingkat sosial serta budaya yang kuat, menjadi salah satu tantangan bagi PTK untuk membentuk kualitas peserta didiknya.

Kepala SMAN 1 Karang Intan, Ayu Helina Rustam, saat memberikan keterangan kepada wartawan

Komitmen dan keyakinan yang tinggi, serta kerjasama dan pendekatan yang berkelanjutan kepada peserta didik maupun orang tua/wali, menurutnya menjadi kunci kesuksesan sekolah yang berstatus sebagai Sekolah Penggerak di Kalsel ini.

“Dengan kasih sayang, dengan pembelajaran yang fokus pada anak. Kami yakin anak-anak kami akan bisa dirangkul dengan penuh kemandirian dan juga akan menjadikan manusia yang berkualitas,” ungkapnya.

Adapun di usia ke 20 tahun ini, Ayu bertekad menjadikan akreditasi SMA Negeri 1 Karang Intan menjadi A. Ia mengaku sudah membentuk tim yang beranggotakan PTK sekolah untuk bisa menyelesaikan dan mempersiapkan segala sesuatunya.

“Kita sampai saat ini masih akreditasi B, jadi tahun ini kita ingin tingkatkan menjadi A,” bebernya.

Di sisi lain, sekolah yang juga dianugerahi penghargaan Adiwiyata Nasional pada tahun 2022 lalu itu, berencana untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional Mandiri di tahun ini.

“Kami tahun ini adalah target Adiwiyata Nasional Mandiri, kita nanti akan mengelola beberapa sekolah binaan. Nah kedepannya beberapa sekolah akan kita bina terutama di daerah Kecamatan Karang Intan ini,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.