19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Promosikan Cagar Budaya, Disdikbud Kalsel Kembali Gelar Jelajah CB

2 min read

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah, saat memberikan sambutan

HULU SUNGAI TENGAH – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, kembali menggelar Jelajah Cagar Budaya (CB), dalam rangka mempromosikan Cagar Budaya di Kalsel.

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, melalui Kabid Kebudayaan, Raudati Hildayati, kepada Abdi Persada FM, melalui sambungan telepon, pada Selasa (7/3)

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati

Raudati mengatakan, Jelajah Cagar Budaya ini merupakan kegiatan rutin tahunan, yang digelar Bidang Kebudayaan dari Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel. Tahun 2023 dilaksanakan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah, diikuti lima Sekolah yaitu, SMAN 1, SMA 4, SMKN 1, SMKN 2 dan MAN 2, masing-masing satu sekolah terdiri 9 orang peserta baik siswa- siswi serta 1 guru pendamping.

“Kami ingin kalangan pelajar dapat semakin meningkatkan pemahaman tentang sejarah dan cagar budaya, agar membantu dalam mempromosikan, melestarikan, bahkan mencintai cagar budaya sendiri,” pintanya

Disampaikan Raudati, pelaksanaan Jelajah Cagar Budaya tahun 2023 ini, memang berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, karena mengunjungi obyek Cagar Budaya yang bernuansa Islam, yaitu ke Masjid As Shulaha, kemudian Masjid Keramat Palajau, dan Masjid Al A’la di desa Jatuh, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Mendekati bulan Ramadhan, sangat tepat dikenalkan objek Cagar Budaya yaitu beberapa Masjid bersejarah,” katanya

Suasana Jelajah Cagar Budaya di Kab HST, di salah satu masjid

Sementara itu, Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Disdikbud Kalsel, Arry Risfansyah menambahkan, dalam kegiatan Jelajah Cagar Budaya, kalangan pelajar diberikan materi tentang Kecagar Budayaan
yang disampaikan Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Kalsel Nuralam, dilanjutkan dari Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Sakti Wiku Atmojo, memberikan materi Cagar Budaya Bernuansa Islam, serta Budayawan Kalsel, Sunarno, yang juga memperkenalkan dan memberikan informasi tentang topeng dan wayang.

“Setelah materi disampaikan, kalangan pelajar diajak berkunjung langsung, ke objek Cagar Budaya di Kabupaten HST,” tutupnya

Untuk diketahui, Jelajah Cagar Budaya ini digelar selama tiga hari mulai 6 – 8 Maret 2023, hari pertama persiapan, hari kedua pelaksanaan dan hari ketiga pengadministrasian. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.