20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Saksikan Pengukuhan Kepala KPw BI Kalsel, Ini Harapan Gubernur Kalsel

2 min read

Gubernur Kalsel (tengah) berfoto bersama Deputi Senior BI (tengah) dan pejabat yang dikukuhkan

BANJARMASIN – Setelah resmi bertugas sejak Desember 2022, akhirnya Wahyu Pratomo resmi dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. Pengukuhan dilakukan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, pada Senin (20/2) di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Deputi Senior BI

Dalam sambutannya, Destry menyebutkan, prosesi pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan pada 4 Januari 2023, oleh Gubernur Bank Indonesia kepada 26 pimpinan satuan kerja, baik di kantor pusat maupun di Kantor Perwakilan Dalam Negeri.

“Pengukuhan ini adalah hajatannya. Dengan begitu, resmilah rekan kami Wahyu Pratomo, menggantikan Imam Subarkah, yang mendapat promosi sebagai Kepala Departemen Hukum di kantor pusat,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Destry juga menyampaikan sejumlah arahan kepada Kepala Kantor Perwakilan BI yang baru dikukuhkan.

“Pertama, memperkuat sinergi bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan pemangku kebijakan daerah untuk menjaga momentum pemulihan dan mengantisipasi dampak risiko stagflasi yang terjadi secara global, terhadap perekonomian nasional, tidak terkecuali di Kalimantan Selatan. Kedua, sumber pertumbuhan ekonomi baru perlu terus digali, terutama untuk mempersiapkan transisi ekonomi hijau, khususnya dari sisi pengembangan pariwisata dan pelestarian kebudayaan daerah seperti di Kawasan Kota Lama Banjarmasin, guna mendukung peran Kalimantan Selatan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara,” paparnya.

Selanjutnya Destry juga berharap, adanya optimalisasi peran KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan, baik melalui pengembangan UMKM unggulan daerah, digitalisasi ekonomi, maupun dukungan pengendalian inflasi dalam kerangka perluasan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), guna meminimalisir risiko inflasi pangan yang bersumber dari sisi harga pangan bergejolak (volatile foods).

“Tiga langkah tersebut perlu dilakukan secara konsisten, inovatif, dan sinergis dengan Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan di Kalimantan Selatan”, tutupnya.

Sementata itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan yang telah menjadi mitra pembangunan ekonomi bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya dalam tiga area pembangunan ekonomi, yaitu pengendalian inflasi, digitalisasi perekonomian, dan pengembangan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM.

Gubernur Kalsel

” Saya berharap, Wahyu Pratomo dapat melanjutkan estafet kepemimpinan KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan dengan baik, guna mendukung kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan yang lebih baik,” harapnya.

Diakhir acara, secara khusus Gubernur Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Supian H.K., juga memberikan piagam penghargaan kepada Imam Subarkah, sebagai tanda apresiasi atas kontribusi dan kinerja terbaik yang telah diberikan untuk kemajuan Provinsi Kalimantan Selatan semasa menjabat sebagai Kepala KPw BI Provinsi Kalimantan Selatan, terhitung Februari hingga Desember 2022.

Penetapan dan reposisi pemimpin baru di Bank Indonesia merupakan bagian dari transformasi organisasi dan sumber daya manusia guna memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas di Bank Indonesia. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.