27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jelang Pemilu 2024, DPRD Kalsel Apresiasi Kesiapan Panwaslu di Kabupaten/Kota

2 min read

BANJARMASIN – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangi Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di dua kecamatan yaitu Kecamatan Alalak Kabupaten Batola dan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan tersebut dalam rangka monitoring untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan oleh Panwaslu di dua kabupaten tersebut, pada jadwal kunjungan kerja dalam daerah yaitu 16 dan 17 Februari 2023.

Suasana Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kalsel ke Kecamatan Alalak Kabupaten Batola dan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Rachmah Norlias menyampaikan kesiapan Panwaslu dalam menghadapi pemilu serentak nanti dinilai sangat penting sebagai salah satu upaya menjaga kualitas pesta demokrasi tersebut agar dapat berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia dan jujur adil, sebagaimana telah diamanahkan Undang-Undang.

Rachmah juga memberikan apresiasi terhadap kesiapan Panwaslu di dua kecamatan tersebut, meskipun masih ada beberapa kendala.

“Kendala tersebut, misalnya kurangnya staf sekretariat dan ketidakseimbangan satu pengawas dengan pengawas yang lain. Contohnya di satu titik ada 14 TPS dan di titik lain ada 40 TPS,” jelasnya kepada wartawan, Senin (20/2).

Menanggapi hal itu, Wakil Rakyat yang akrab disapa Ibu Amah ini mengatakan pihaknya akan menggelar rapat dengar pendapat bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel dan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mencari solusi terhadap permasalahan tersebut.

“Kami berharap koordinasi di pihak bawah itu lebih ditingkatkan agar acara besar seperti pemilu ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi I DPRD Kalsel diterima oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Batola, Muhammad Syaifi beserta jajarannya dan Ketua Panwaslu Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tala, Hasni beserta jajarannya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.