26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Atasi Tanaman Pengganggu Yang Tutupi Lahan Pertanian, Warga HSU Usulkan Penambahan Alat Berat

1 min read

Ilustrasi alat berat excavator

BANJARMASIN – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kegiatan reses dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing pada 4 – 11 Februari 2023.

Termasuk Ketua DPRD Kalsel, Supian HK yang menyambangi 16 desa di Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara pada gelaran reses di tahun 2023 ini.

Suasana Reses Ketua DPRD Kalsel, Supian HK di Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU

Supian HK menyebutkan, banyak dari warga desa yang mengeluhkan banyaknya tanaman Susupan Gunung (Mimosa Pigra / Putri Malu Raksasa) dan Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) yang menutupi lahan pertanian potensial di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tersebut.

“Akarnya yang kuat dan batang yang berduri menyebabkan warga kesulitan untuk membersihkan tanaman jenis ini,’ jelasnya kepada wartawan, Kamis (9/2).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, menurut Supian HK, warga mengusulkan penambahan alat berat berjenis Excavator agar kegiatan pertanian dapat berkelanjutan dan hasilnya dapat lebih ditingkatkan.

“Memang alat berat yang ada saat ini sudah berjalan dengan baik. Hanya saja, banyaknya desa yang membutuhkan alat tersebut, membuat alat tersebut dipakai bergantian dan akhirnya memerlukan waktu yang sangat lama,” ungkapnya.

Menanggapi berbagai aspirasi masyarakat tersebut, Supian HK akan menyampaikannya ke pihak-pihak terkait sesuai kewenangannya, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.