16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

PAD BPAM Banjarbakula Tahun 2022 Tembus 109 Persen

2 min read

Kepala BPAM Banjarbakula, Muhammad Berty Nakir

BANJARBARU – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Balai Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula tahun 2022 melebihi target sebesar 109,15 persen.

Kepala BPAM Banjarbakula Muhammad Berty Nakir, mengungkapkan target PAD tahun 2022 sebesar Rp 17 miliar sementara realisasinya sebesar Rp 18,5 miliar.

“Jadi ada lebihan sekitar 1 miliar Rupiah (dari target), atau jika diakumulasikan capaian PAD kita sebesar 109,15 persen di tahun 2022,” ungkapnya, Rabu (4/1).

Berty menjelaskan, pendapatan BPAM Banjarbakula bersumber dari penjualan air bersih ke 3 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam regional Banjarbakula.

“Sementara ini air bersih kita disalurkan ke Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar, serta sebagian ke Kabupaten Tanah Laut,” bebernya.

Meski Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala juga tergabung dalam Kawasan Strategis Provinsi (KSP) ini, namun penyaluran air bersih dari BPAM Banjarbakula masih belum menjangkau daerah tersebut.

Hal itu diakui Berty, akibat belum adanya kecocokan harga dan jumlah pasokan ke dua wilayah tersebut terutama Banjarmasin.

“Kemarin kita sudah tawarkan kerjasama penyaluran air baku ke (Kota) Banjarmasin, tetapi belum ada kecocokan harga,” bebernya.

Kendati demikian, Berty menyebut pihaknya akan kembali mengajukan kerjasama ke PDAM Bandarmasih, agar penyaluran air dapat benar-benar mencakup ke seluruh wilayah yang tergabung dalam KSP Banjarbakula.

“Tahun (2023) ini kita akan kembali tawarkan, setidaknya kita minta harga sesuai dengan biaya listrik yang kita keluarkan,” ujarnya.

Berty berharap kerjasama tersebut akan membuahkan hasil yang manis. Apalagi target PAD tahun 2023 BPAM Banjarbakula mencapai Rp 20 miliar.

“Kalau kerjasama dengan kota Banjarmasin berhasil, kita optimis PAD tahun 2023 akan tercapai bahkan mungkin melebihi target,” imbuhnya.

BPAM Banjarbakula sendiri saat ini sudah memiliki 2 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) masing-masinh berkapasitas 250 dan 500 liter perdetik.

Bahkan, kini BPAM Banjarbakula juga memiliki 1 buah truk tangki yang siap menyalurkan air bersih langsung ke masyarakat.

“Kita tinggal menunggu revisi Pergub tarif untuk dapat mengoperasikan truk tangki itu, semoga bisa dapat dioperasikan,” tutupnya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.