20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Komisi III DPRD Kalsel Monitoring “Long Storage” Pengendali Banjir Barito Kuala

2 min read

BARITO KUALA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menyambangi pembangunan “Long Storage”, Selasa (27/12).

Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan dalam rangka monitoring pembangunan yang berlokasi sangat strategis di daerah Kalimantan Selatan, bertepatan di Desa Ulu Benteng Kabupaten Batola.

Suasana pemantauan Komisi III DPRD Kalsel ke Long Storage di Batola

Setelah melakukan monitoring, proyek yang terpantau dalam pengerjaan secara umum yang hampir rampung mencapai 8 persen ini, menyisakan sedikit detail kecil yang belum terealisasikan, namun secara garis besar proyek ini sudah berjalan dengan baik.

Konsep pembuatan Long Storage ini pun jadi perhatian khusus Komisi III DPRD Kalsel, karena memiliki berbagai fungsi, diantaranya untuk menampung volume air ketika terjadi debit maksimum di sungai, serta sebagai penyediaan air ketika air di sungai tidak berjalan dengan baik, seperti terjadinya pengeringan air sungai yang disebabkan oleh cuaca dan mencegah terjadinya bahaya kebakaran hutan.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad menyampaikan, proyek ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Batola. Bukan hanya untuk pengendalian air saja, lanjutnya, tetapi dapat digunakan apabila keadaan air di Batola sedang meluap dan dapat dikendalikan dengan adanya Long Storage ini sehingga luapan sungai dapat tereduksi.

“Semoga dengan adanya Long Storage masyarakat dapat memanfaatkan sekaligus memelihara dengan baik dan benar karena ini sangat banyak manfaat nya bukan hanya untuk pengendalian air saja tetapi ketika masyarakat kesulitan dalam menggunakan air agar dapat dialirkan kembali ke sungai-sungai di daerah tersebut sehingga juga dapat berfungsi sebagai penyalur atau distribusi air,” jelasnya.

Hasanuddin menambahkan bahwa proyek ini memang memakai dana APBN yang diberikan langsung oleh Kementrian PUPR, tetapi secara fungsional kemitraan kerja Komisi III DPRD Kalsel masih memiliki hubungan dan tanggung jawab terhadap proyek tersebut dan terus melakukan pemantauan. (HUMASDPRDKALSEL-NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.