26 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

3.941 TK PTK Setara SMA di Kalsel Jalani Seleksi Akhir Perpanjangan Kontrak

2 min read

Suasana proses wawancara TK PTK di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel

BANJARBARU – Sebanyaak 3.941 Tenaga Kontrak (TK) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) setara SMA sederajat di Kalimantan Selatan (Kalsel), mengikuti seleksi tahap terakhir sebagai salah satu persyaratan untuk perpanjangan kontrak tahun 2023.

Ribuan tenaga kontrak tersebut terdiri dari 1.545 orang PTK SMK, 2.052 orang PTK SMA, dan 344 orang PTK Pendidikan Khusus (Diksus).

Salah seorang peserta saat mengisi lembar soal evaluasi perpanjangan kontrak TK PTK Disdikbud Kalsel

Seleksi berupa wawancara ini rutin dilaksanakan setiap menjelang tutup tahun di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel. Di tahun 2022 seleksi digelar mulai 19 – 27 Desember 2022.

Melalui Kepala Bidang PTK, Fahrudinoor, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Muhammadun mengatakan, setiap harinya ada 805 PTK yang menjalani proses seleksi ini mulai jam 8 pagi hingga 4 sore.

Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Fahrudinoor

“Ini adalah proses evaluasi untuk meningkatkan kinerja mereka (TK PTK), untuk kelanjutan masa perpanjangan kontrak tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

Tahapan seleksi dimulai dari verifikasi data oleh sekolah. Data tersebut selanjutnya divalidasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel hingga pada tahap terakhir yakni proses wawancara.

“Kita lakukan wawancara ini untuk melihat sejauh mana komitmen mereka terhadap masa kontrak,” beber Fahrudinoor.

Selain itu, lanjut Fahrudinoor, pada tahap terakhir ini pihaknya juga ingin melihat kinerja TK PTK selama menjalankan tugas di sekolah masing-masing, sekaligus memetakan kebutuhan PTK di setiap sekolah.

“Jadi kalau di satu sekolah ada kekurangan PTK sedangkan di sekolah lain ada kelebihan, maka akan kita lakukan pemerataan,” paparnya.

Dengan proses seleksi ini, dunia pendidikan di Kalsel diharapkan menjadi lebih berkualitas. Terutama dalam menciptakan pelajar yang berkompeten dan mampu bersaing di era globalisasi saat ini. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.