19 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Haryanto Gandeng Camat dan Danramil Sosialisasikan Wasbang

2 min read

BANJARBARU – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Haryanto menggandeng Camat Banjarbaru Utara, Indra Putra dan Komandan Rayon Militer (Danramil) 07 Banjarbaru Kodim 1006 Banjar, Kapten Infantri Pupun Punanjar untuk melaksanakan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang). Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di kantor Kecamatan Banjarbaru Utara, Jum’at (16/12) pagi.

Haryanto menilai kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan penting dilakukan kepada para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarbaru Utara untuk mengenal lebih dalam terkait Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Suasana Soswasbang Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Haryanto

Meskipun secara umum wilayah Banjarbaru relatif lebih damai, namun menurut Haryanto, masyarakat tetap terus dibekali nilai-nilai Pancasila dan Wasbang sebagai bagian upaya preventif dini untuk mencegah adanya konflik yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Secara umum, kondisi Banjarbaru relatif jauh lebih damai, tidak pernah kita mendengar berita-berita terkait anti demokrasi ataupun ideologi yang menyimpang dari Pancasila. Namun demikian tetap kita bekali sehingga kemudian antisipasi preventif dini jauh lebih bagus,” katanya.

Haryanto mengimbau semua pihak untuk selalu mengingatkan tentang penting ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan kecintaan terhadap NKRI.

Sementara itu, Camat Banjarbaru Utara, Indra Putra mengapresiasi kegiatan sosialisasi Wasbang ini karena dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi, termasuk berita hoax yang berpotensi mengikis rasa persatuan dan kerukunan masyarakat.

“Apalagi dengan ditetapkannya kota Banjarbaru sebagai ibukota provinsi Kalsel, tentu tidak terlepas dari persoalan-persoalan yang berpotensi dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Oleh karena itu, Indra berharap agar sosialisasi wawasan kebangsaan lebih digencarkan lagi dalam rangka memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

Sedangkan, Komandan Rayon Militer 07 Banjarbaru Kodim 1006 Banjar, Kapten Infantri Pupun Punanjar, dalam sosialisasi itu memaparkan mengenai sejarah tentang kebangsaan sehingga para peserta dapat sepaham dan turut serta mewujudkan cita-cita nasional.

“Disintegrasi bangsa itu tidak hanya dari pemuda saja, bisa semua pihak karena ada keinginan sesuai pahamnya sendiri. Sehingga kita harus mengingat sejarah bangsa Indonesia sampai mencapai kemerdekaan itu penuh dengan perjuangan dan nilai-nilai kebangsaan itulah yang harus kita tingkatkan,” tambahnya. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.