27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Disdikbud Kalsel Terus Majukan WBTb di Banua

1 min read

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, akan terus berupaya memajukan Warisan Budaya Tak benda (WBTb) di Banua.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan Muhammadun, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Raudati Hildayati, Kepada Abdi Persada FM, pada Kamis (8/12) petang menjelaskan, untuk melakukan strategi Pelestarian Kebudayaan dengan cara Pelindungan,Pengembangan,
Pemanfaatan dan Pembinaan terhadap budaya lokal, terutama Warisan Budaya Tak benda (WBTb), pihaknya menggelar kaji tiru ke Provinsi Sumatra Barat baru-baru tadi.

“Hasil sharing diperoleh Tips dan Trik dari Sumbar memajukan kebudayaan WBTb,” katanya

Raudati menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi Provinsi Sumatera Barat, telah ditetapkan sebanyak 19 buah WBTb di Indonesia. Hal itulah menjadi motivasi untuk berupaya meningkatkan jumlah WBTb di seluruh 13 Kabupaten dan Kota.

“Selama ini di Provinsi Sumbar, telah membentuk Tim Warisan Budaya Tak benda, berkolaborasi dengan perguruan tinggi, untuk pembuatan kajian karya budaya,” jelasnya

Lebih lanjut Helda (sapaan akrabnya) menambahkan, sejak tahuk 2017 lalu di Provinsi Sumatera Barat, untuk bidang Kebudayaan berdiri sendiri sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hal yang sama dengan beberapa provinsi lain diantaranya DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mempercepat penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan terutama kemajuan Kebudayaan.

“Meski di Kalsel Bidang Kebudayaan tidak seperti di Provinsi lain, kami tetap berupaya memajukan tidak hanya Warisan Budaya Tak benda juga kesenian, sejarah dan tradisi, museum hingga cagar budaya di Kalsel, agar tetap lestari di masa kini, maupun akan datang, sebagai objek kepemilikan bersama yang menjadi warisan bagi generasi berikutnya,” tutup Helda. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.