28 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Sisi Kemanusiaan, Dispora Kalsel Gelar Latihan Penanggulangan Kebencanaan Bagi Pemuda

1 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, saat secara simbolis mengalungkan tanda keikutsertaan latihan

BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, secara resmi membuka latihan tanggap kebencanaan bagi pemuda, di Alam Roh 20, Kiram, Kabupaten Banjar, Senin (28/11).

Latihan ini berlangsung mulai 28 hingga 30 November 2022 dan diikuti 78 peserta dari organisasi pemuda se Kalsel.

Sahbirin menyebut latihan ini merupakan bagian penting dari upaya preventif dan mengurangi risiko bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Bencana sendiri menurutnya bukan hanya terjadi dalam skala besar, melainkan bisa berupa sebuah kejadian yang terjadi di depan mata kepala kita.

Sebab itu melalui pelatihan ini, Ia berharap seluruh peserta dapat meningkatkan respon dan sisi kemanusiaannya dalam mencegah dan menanggulangi segala musibah.

“Kalau sudah terbuka hati kita, pasti reflek gerakan untuk membantu akan muncul sendiri, apapun bentuk kejadiannya,” ungkapnya.

Gubernur berpesan kepada seluruh peserta kegiatan ini untuk mengikuti seluruh rangkaian sebaik-baiknya.

“Kita bersama-sama mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman kita bersama terkait isu bencana di Kalsel,” pesannya.

Sementara itu Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah mengatakan, kegiatan ini merupakan pertama kalinya yang dilakukan kepada organisasi kepemudaaan.

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah

Hermansyah menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta partisipasi pemuda dalam mencegah dan menanggulangi bencana di wilayah sekitar mereka.

“Selama ini organisasi pemuda di bidang kebencanaan kan masih belum ada, oleh karena itu kami munculkan,” ucapnya.

Selain itu Hermansyah berharap, peran pemuda yang mengikuti kegiatan mampu memberikan bukti nyata untuk masyarakat khususnya terkait dengan masalah kebencanaan.

“Jadi ada sisi kemanusiaan yang kita tampilkan kepada pemuda,” tutupnya. (SYA/RIW/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.