27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Lestarikan Tanaman Eksotik, Gubernur Ajak Masyarakat Terus Menanam

2 min read

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat melakukan penanaman bibit mangga hutan, di Agrowisata Tahura Sultan Adam Mandiangin

BANJAR – Dinas Kehutanan (Dishut) Kalsel melibatkan instansi dan stakeholder terkait untuk ikut melestarikan ribuan jenis tanaman eksotik khas provinsi ini. Bukti menjaga keberlangsungan itu, adalah dengan penanaman 4.000 batang pohon di Agrowisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin, Kabupaten Banjar.

Acara yang berlangsung, pada Senin (28/11) siang tersebut, turut didukung PT PLN (Persero) melalui kepeduliannya terhadap kelestarian alam di Provinsi Kalimantan Selatan.

Tak hanya menanam, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama sejumlah perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) serta unsur pimpinan perusahaan, turut melepasliarkan burung langka secara simbolis di lokasi tersebut.

Penyerahan penghargaan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor secara simbolis kepada TNI AL atas kinerjanya melakukan perlindungan satwa endemik di perairan Kalsel

Gubernur sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain sebagai wujud kepedulian terhadap alam, ini juga sebagai bukti bahwa program revolusi hijau terus dilakukan.

“Tentunya saya turut berterima kasih atas agenda yang dilakukan ini. Tentu, bantuan dari seluruh perusahaan dalam penyelenggaraan ini sangat berharga. Tanpa adanya mereka pelaksanaan tersebut bukan apa-apa,” ujarnya.

Apalagi, menurutnya, pelaksanaan ini tak hanya memberikan edukasi, tetapi juga sebagai proyeksi jangka panjang melestarikan keunikan dari tanaman khas daerah agar tidak mudah punah.

“Inilah kekayaan alam kita dan tentunya harus tetap dipertahankan,” tegas orang nomor satu di Kalsel itu.

Kadishut Kalsel Fatimatuzzahra menerima penyerahan secara simbolis dari PT PLN untuk penanaman 3.000 batang buah-buahan eksotik khas Kalimantan

Sementara itu, Kepala Dishut Kalsel Fatimatuzzahra menuturkan, dari hasil kolaborasi bersama PT PLN, sedikitnya ada sekitar 3.000 bibit tanaman eksotik dan 1.000 batang mahoni yang siap ditanam di lokasi AgrowisataTahura Sultan Adam Mandiangin, Kabupaten Banjar, seluas empat hektare.

“Dari 3.000 ini merupakan jenis buah-buahan lokal di antaranya keledang, mundar, ginalu, kalangkala, jambu agung, kapul, kasturi, kuini, asam kandis, manggis hutan, ramania, rambai dmyang dibagi empat blok,” paparnya.

Selain didapuk sebagai areal konservasi unggulan, dirinya berharap, Agrowisata Tahura Sultan Adam dapat difungsikan sebagai lokasi wisata edukasi.

“Ini merupakan destinasi wisata baru di Tahura Sultan Adam. Perlu disampaikan, terselenggaranya kegiatan ini tentu atas kerjasama antara Dinas Kehutanan Kalsel dengan PT PLN,” tutupnya. (RHS/RIW/APR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.