16 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

“Gas Bahimat” Kejurnas dan NC Final Round IOF 2022 Resmi Dimulai

2 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat mengibarkan bendera tanda dimulai Kejurnas IOF 2022

BANJAR – Event “Gas Bahimat” Kejuaraan Nasional Indonesia Offroad Federation (Kejurnas IOF) 2022 dan National Championship (NC) Final Round resmi dibuka Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Jumat (18/11).

Dalam sambutannya Sahbirin menyebut, offroad bukan sekadar olahraga ekstrim saja, melainkan juga aktif dalam beberapa kegiatan sosial seperti gerakan cinta lingkungan. Bahkan diakuinya, dalam kegiatan tertentu banyak komunitas offroad yang turut berperan dalam mempromosikan dan mengembangkan pariwisata di daerah masing-masing.

Di sisi lain lanjut Gubernur, secara psikologi olahraga ini juga sangat baik untuk melatih diri sebagai pejuang untuk mengalahkan setiap rintangan.

“Sebagaimana yang kita ketahui, rute yang dilalui kendaraan offroad adalah jalur sulit yang memerlukan strategi khusus. Untuk itu dibutuhkan ketangkasan, keberanian, kewaspadaan, ketelitian dan juga kesabaran dalam pengendaraannya,” ujarnya.

Menurutnya offroad juga sangat perlu dikembangkan, agar generasi muda yang gemar berolahraga seperti ini mampu menjadi offroader yang berkelas profesional dan bersaing di kancah internasional.

“Maka dari itu saya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh IOF ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IOF Kalsel, Haryadi menilai, dengan diikuti pebalap dari seluruh penjuru tanah air, kegiatan ini dapat membantu mendongkrak pariwisata melalui keindahan alam yang disajikan lewat trek yang dilalui.

“Kalsel memiliki banyak tempat yang cocok untuk pecinta offroad. Mulai dari hutan, bukit dan pegunungan eksotik yang belum dijamah. Salah satunya seperti kawasan Kiram yang jadi salah satu lokasi kegiatan ini,” ujarnya.

Event “Gas Bahimat” Kejurnas IOF 2022 dan NC Round Final diselenggarakan mulai 18 hingga 20 November 2022. Selain Kiram, pusat perbelanjaan terbesar di kota Banjarbaru juga dijadikan sebagai lokasi kegiatan.

Dengan seluruh persiapan yang dilakukan oleh panitia dan dukungan penuh dari Pemprov Kalsel tersebut, tentu sangat diapresiasi oleh Ketua Pengurus Pusat IOF, Sam Budigustian.

Bahkan pada seri kejuaraan di tahun-tahun mendatang, Sam mewajibkan tuan rumah menjadikan pusat perbelanjaan sebagai salah satu lokasi untuk kegiatan.

“Di seluruh Indonesia, setiap seri kejuaraan diwajibkan ada prolog trek di sekitar pusat perbelanjaan sebagai daya tarik IOF bagi masyarakat,” imbuhnya. (SYA/RIW/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.