23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tanamkan Ideologi Pancasila, Yani Helmi Gelar Soswasbang di SMP Negeri 1 Kusan Hilir

2 min read

Yani Helmi saat memaparkan materi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

TANAH BUMBU – Pemahaman atas implementasi nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan sejak menegah pertama. Hal inilah yang dilakukan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, saat menggelar pelaksanaan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di SMP Negeri 1 Kusan Hilir Tanah Bumbu, Senin (14/11) siang.

Peserta didik saat menyimak materi Wawasan Kebangsaan

“Meski ini kali pertama Soswasbang digelar ditingkat SMP. Namun, sosialisasi tersebut penting dilakukan untuk memproteksi diri agar ke depan generasi muda kita di banua khususnya peserta didik bisa terbuka luas tentang bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Legislatif asal Daerah pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru ini juga mengharapkan siswa yang menyimak dan berhasil menyerap materi khusus tersebut mampu mengamalkan bahkan mengimplementasikan sebaik-baiknya.

“Kita bersyukur bahwa mereka yang hadir di sini ternyata cerdas. Ini yang kita harapkan sebagai penerus bangsa, sehingga, apabila telah menyerap materi yang disampaikan tentu akan baik tak hanya diri sendiri tetapi berguna bagi orang lain,” tutur Wakil Ketua Komisi yang membidangi Ekonomi dan Keuangan itu.

Anggota DPRD yang akrab disapa Paman Yani ini turut andil membuka sejarah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia selama masa penjajahan. Serta tak lupa, ia juga berbagi pengalaman dengan peserta didik bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

“Sejarah perjuangan dari para pahlawan kita harus turut dijunjung dan diapresiasi setinggi-tingginya. Mengamalkannya seperti apa, bisa dengan menunjukkan sebuah prestasi atau menghormati guru, karena mereka juga pahlawan,” paparnya.

Selain itu, ia mengharapkan, generasi muda yang kini masih mengenyang Sekolah ditingkat menegah pertama ini bisa menggapai mimpinya serta mampu menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

“Kita pernah dijajah. Tetapi, untuk kali ini generasi muda harus menjadi ujung tombak dalam pembangunan, perekonomian hingga peningkatan pendidikan agar sekiranya negara kita terus berkembang dan maju,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Kusan Hilir, Darwanto, turut mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi tersebut. Menurutnya, pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sangat baik ditanamkan kepada peserta didik supaya kerukunan serta persatuan terjaga selaras dan seimbang.

“Kami sangat berterima kasih atas kesediaan Paman Yani yang turut berkontribusi dalam memberikan pembinaan kepada siswa kami. Mudah-mudahan ini dapat diimplementasi dengan harapan persatuan tetap terjaga aman dan terkendali,” ucapnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.