20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Yani Tanamkan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMA Negeri 1 Kusan Hilir

2 min read

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel M Yani Helmi saat menyampaikan materi Soswasbang

TANAH BUMBU – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, menanamkan sikap cinta tanah air dan bela negara kepada peserta didik SMA Negeri 1 Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, melalui penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Suasana Sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMA Negeri 1 Kusan Hilir Tanah Bumbu

“Kami harapkan materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik agar sekolah ini bisa mencetak generasi dengan SDM luar biasa dengan menjunjung tinggi Ideologi Pancasila serta empat pilar di dalamnya dan harus tertanam diri kita,” ujarnya kepada awak media, Senin (7/11), di aula utama SMA Negeri 1 Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Melalui kegiatan bertemakan pendidikan bela negara, legislatif dari Fraksi Golkar yang akrab disapa Paman Yani juga mengajarkan bagaimana mengelola media sosial dengan baik dan bijak agar tak mudah tersentuh hal negatif yang dapat membawa dampak buruk terhadap masa depan generasi muda.

“Maka dari itu, kami berpesan kepada generasi yang disebut milenial ini bisa cerdas dalam menangkal informasi belum tentu kebenarannya dan bagaimana menjaga marwahnya NKRI,” jelasnya.

Selanjutnya, ia berpesan kepada generasi muda Kalimantan Selatan terkhusus di Tanah Bumbu agar dapat merawat kesatuan negara yang sekaligus menjaga toleransi. Selain itu, diharapkan implementasi dari sosialisasi ini setidaknya mampu berdampak positif terhadap kemajuan daerah.

“Jangan sampai negara ini kembali terjajah. Mereka harus mampu mempertahankan negara ini minimal cerdas dalam mengembangkan diri agar lebih baik lagi karena generasi muda adalah harapan bangsa Indonesia selanjutnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Subbid Kelembagaan Partai Politik dan Fasilitasi Pemilu Badan Kesbangpol Kalsel, Harry Widhiatmoko menuturkan, adanya wawasan kebangsaan bagi generasi muda setidaknya implementasi dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mampu terarah. Bahkan, paham radikalisme dapat dicegah.

“Yang jelas dengan adanya materi ini dapat menumbuhkan sikap tangguh serta mampu memberikan kontribusi agar tak mudah terintimidasi soal perkara radikalisme,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Kusan Hilir, Wahidah mengharapkan, diberikannya pendidikan khusus terkait Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini tentu secara tak sadar mampu menumbuhkan sikap bela negara serta informasi yang menimbulkan kekacauan bisa ditangkal.

“Kami merasa terhormat atas kedatangan Paman Yani ke sini sekaligus materi yang disampaikan mudah-mudahan peserta didik SMA Negeri 1 Kusan Hilir bisa mengimplementasikan betapa pentingnya menjaga kesatuan bangsa,” tuturnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.