14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Yani Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan Pada Siswa SMA Terisolir di Kotabaru

2 min read

Yani Helmi saat menyampaikan materi Soswasbang di SMA Negeri 1 Pamukan Selatan

KOTABARU – Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Soswasbang) terus digalakkan. Salah satunya yang dilakukan Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Yani Helmi, kepada peserta didik SMA Negeri 1 Pamukan Selatan Kotabaru.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan Soswasbang yang digelar Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel M Yani Helmi

Setelah menyambangi SMA Negeri 1 Sampanahan Kotabaru. Secara linear, kali ini ia bersama rombongan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel kembali menyiarkan gerakan yang sama melalui sosialisasi dibalut edukasi supaya kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mampu terjaga baik dan tidak mudah luntur.

“Betapa besarnya negeri ini dan di luar sana sudah ada negara yang tentu telah berkembang pesat baik pendidikan dan ilmu pengetahuannya. Maka dari itu, kami mendorong agar generasi muda melalui Soswasbang ini mampu menjadi penerus dan setara dengan negara tersebut,” ujarnya kepada awak media, Senin (31/10).

Secara garis besar, materi yang disampaikan bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kalsel masih seputar tentang penegakan kesadaran supaya tidak mudah terhasut aksi kejam terorisme dan berbagai macam tantangan yang dapat membuat hancur bagi NKRI sendiri.

“Tentunya hadirnya kami di sini mengharapkan selain dapat menumbuhkan sikap cinta tanah air dan bela negara. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ini saya yakin mereka dapat menjadi putra/putri terbaik di banua,” harapnya.

Legislatif Daerah pemilihan (Dapil) VI Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu biasa disapa Paman Yani itu juga menyuarakan dan sekaligus memberikan nasehat untuk tidak mudah percaya atas informasi yang belum tentu kebenarannya alias hoax.

“Tadi, kami juga memberikan motivasi untuk peserta didik di sini agar bermanfaat bagi negara. Selain itu, banyak sekali hal positif yang kami dorong termasuk bijak menggunakan sosial media. Apabila dapat menyaring dengan baik, jelas, mereka adalah generasi muda yang cerdas,” tutur legislatif dari fraksi Partai Golkar.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Pamukan Selatan, Suyoto, memberikan apresiasi atas kesediaan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, untuk membagikan pengalaman serta ilmunya tentang bagaimana cara menghargai dan menjaga keharmonisan antar sesama.

“Saya selaku kepala sekolah di sini mengucapkan terima kasih atas materi dan kesediaannya menjadi narasumber. Semoga pula dengan adanya ini prestasi pun juga mampu diraih. Bahkan, pemberian wawasan kebangsaan saat ini penting ditanamkan ke peserta didik,” bebernya.

Begitu pula, sambung dia, kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang saat ini masih tetap dipijak. Bahkan, menjadi keharusan generasi muda untuk tetap mempertahankan hal tersebut sebagai penerus bangsa kedepan.

“Mereka yang mengikuti ini dapat mengharumkan nama baik daerah ini, tentu secara lokalnya atau pun nasional,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.