23 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Birin Dorong Alumni Politeknik Hasnur Berinovasi dan Beradaptasi Dengan Tuntutan Zaman

2 min read

BANJARMASIN – Politeknik Hasnur Banjarmasin menggelar yudisium dan wisuda tahun akademik 2021/2022 disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada Rabu (26/10).

Kegiatan itu dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin dan Ketua DPRD Kalsel Supian HK.

Tahun ini, Politeknik Hasnur meluluskan 67 mahasiswa dengan rincian, pada Program Studi Teknik Otomotif 16 orang, Program Studi Teknik Informatika 32 orang dan Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan 19 orang.

Suasana wisuda Polihasnur di Banjarmasin

Wisudawan dan wisudawati dengan Predikat Cum Laude sebanyak 38 orang atau 57% lulusan, sementara rata-rata IPK lulusan tahun akademik 2021/2022 ini adalah 3,35.

Paman Birin dalam sambutannya mendorong para alumni agar berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi dan tuntutan zaman sekarang.

Walaupun berhadapan dengan kondisi krisis, namun dengan bekal kemampuan dan keahlian yang diberikan selama di masa perkuliahan, Paman Birin percaya, para alumni mampu menciptakan atau mencari peluang baru.

“Saya berharap, mereka yang lulus saat ini, kedepannya bisa terserap dunia usaha atau direkrut perusahaan yang sesuai kemampuan dan keahlian yang dimiliki, “harap Gubernur.

Sementara itu, Direktur Politeknik Hasnur, Linda Rahmawati S.Si, MP menyebutkan, tema wisuda yang diusung yakni “Lulusan Politeknik Hasnur yang Inovatif dan Berjiwa Enterpreneur Membangun Negara Lebih Kuat dan Cepat” menggambarkan mahasiswa dan lulusan Politeknik Hasnur yang memiliki daya inovasi dan jiwa wirausaha.

“Karena di tahun ini, mahasiswa dari semester awal hingga akhir dilibatkan dalam proyek-proyek riset maupun pengabdian kepada masyarakat.
Selain itu, lulusan Polihasnur dapat memilih jalur kelulusan yaitu sebagai tenaga ahli atau pengusaha sesuai dengan bidang ilmunya,” ujarnya.

Dikatakan Linda, Yayasan Hasnur Centre terus berkomitmen dalam pengembangan pendidikan masyarakat Banua dengan berupaya memberikan beasiswa seperti beasiswa unggulan dan beasiswa berprestasi bagi mahasiswa aktif di Polihasnur.

Penerima beasiswa unggulan pada tahun ajaran baru 2022/2023 ini sebanyak 23 orang. Selain itu, pada tahun ini Polihasnur mendapatkan kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 43 orang, beasiswa dari Hasnur Group sebanyak 8 orang, beasiswa Baznas 5 orang dan BSI 10 orang.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada lembaga pemberi beasiswa,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Linda, sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi, pada tahun ini dosen Polihasnur menunjukkan peningkatan kinerja diantaranya sebanyak 3 orang dosen sebagai penulis pertama pada jurnal internasional dan 2 orang mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal internasional yang terindeks scopus yakni Zuliyan Agus dan Yazid Aufar.

Selain jurnal, luaran penelitian dalam bentuk prototype diantaranya budidaya maggot, pembenah tanah, asap cair sebagai biofungisida untuk jamur Ganoderma, konversi motor listrik dan aplikasi pada android untuk deteksi penyakit tanaman kopi.

Satu penelitian yang lolos dalam program Kedaireka berkolaborasi dengan ULM serta dua penelitian mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Teruslah berkarya, sebagai sumbangsih intelektualitas dosen vokasi demi kemajuan banua dan bangsa,” pesan Linda di penutup sambutannya. (BIROADPIM-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.