20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Jatim Raih Juara Umum Gubernur Kalsel : MTQ Nasional XXIX di Banua, Sejarah Untuk Jatim

2 min read

Wamenag RI, Zainut Tauhid Sa'adi (dua kiri) saat menyerahkan piala juara umum kepada Kepala Biro Kesra Jatim, Gatot Soebroto (kanan)

BANJARBARU – Provinsi Jawa Timur (Jatim) berhasil meraih juara umum pada gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Foto bersama penyerahan piala juara umum MTQ Nasional XXIX yang diraih Provinsi Jawa Timur

Kepastian kemenangan Kafilah Jatim, disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Hakim, Said Agil Al Munawar pada penutupan MTQ Nasional XXIX di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Selasa (18/10) malam.

Sementara penyerahan piala dilaksanakan sehari usai penutupan, tepatnya di Ruang H. Aberani Sulaiman Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Rabu (19/10), oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, melalui Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar mengucapkan selamat dan sukses kepada Jatim yang kembali berhasil menjadi juara umum pada gelaran MTQ Nasional setelah hampir 4 dekade.

“Dengan keberhasilan kafilah Jatim sebagai juara umum, menegaskan bahwa MTQ Nasional di tahun ini merupakan sejarah dan kebanggaan (bagi Jatim), karena setelah penantian selama 37 tahun Jatim kembali menjadi juara umum,” ucapnya.

Dengan penyelenggaraan MTQ ini, diharapkan generasi Qur’ani dapat terus lahir silih berganti sebagai penerus bangsa di masa yang akan datang.

“Semoga kedepan kita dapat memperbaiki segala kekurangan, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa, banua, dan negara tercinta kita,” tuturnya.

Meski merasa kecewa penyerahan piala dilakukan secara terpisah, namun Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Jatim, Gatot Soebroto mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh peserta Jatim.

Bagaimana tidak, dari 54 peserta Jatim yang dikirim untuk mengikuti MTQ Nasional XXIX di Kalsel, hanya 8 peserta yang tidak meraih juara.

“Yang pasti dari seluruh rangkaian kegiatan ini kita bersyukur diberikan anak-anak dan peserta terbaik, sehingga memberikan hasil terbaik untuk MTQ kali ini,” ucapnya.

Dengan torehan 14 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu, Jatim berhasil mengungguli DKI Jakarta yang mengumpulkan 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Sementara selaku tuan rumah, Kalsel hanya mampu menempati juara ketiga dengan 8 emas, 6 perak dan 4 perunggu.

Kemenangan Jatim pada MTQ tahun ini merupakan kali ketiganya diajang MTQ Nasional, setelah sebelumnya berhasil meraih juara umum pada tahun 1974 dan 1985. Kemenangan ini sekaligus menjadi kado Hari Jadi Jatim ke 77 pada 12 Oktober lalu. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.