22 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kalsel Expo 2022, Stand Disperin Kalsel Fasilitasi Sertifikasi Halal

2 min read

Kasi Promosi Investasi dan Industri Dodi Habibie Norbah (kiri) bersama Kabid KP2I Fitridani

BANJAR – Dinas Perindustrian (Disperin) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) turut memeriahkan pergelaran Pameran MTQ Nasional ke-29 yang diadakan di Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura Kabupaten Banjar yang dilaksanakan sejak 12 hingga 16 Oktober 2022. Dalam pameran MTQ Nasional ini, Disperin Kalsel menampilkan berbagai macam produk olahan para pelaku IKM dan UMKM asal Banua. Selain produk IKM dan UMKM, juga ditampilkan hilirisasi industri berupa Kepala sawit yang diolah menjadi Minyak Goreng kemasan. Selain itu, Stand Disperin Kalsel juga dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran sertifikasi halal bagi pelaku IKM dan UMKM yang kesulitan mendaftarkan produk mereka.

Pengunjung yang mengunjungi stand Disperin kalsel

Dengan banyaknya produk yang ditampilkan di Stand Disperin Kalsel pada Kalsel Expo 2022 dalam rangkaian pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 29, diharapkan dapat turut memeriahkan rangkaian MTQ Nasional ke 29 di Kalimantan Selatan.

“Salah satunya yakni Kain Sasirangan yang memakai pewarna alami, dan berbagai macam produk makanan yang menjadi souvenir untuk para khafilah MTQ Nasional seperti bumbu soto Banjar original, amplang, kacang jaruk, minuman buah kasturi, dan lain sebagainya,” ungkap Kasi Promosi Investasi dan Industri Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan selatan Dodi Habibie Norbah, kepada Abdi Persada FM, Kamis (13/10) sore.

Habibie Norbah menambahkan, selain souvenir peserta Khafilah MTQ Nasional, pihaknya juga menampilkan berbagai macam kerajinan hasil olahan Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Disperin Kalsel, salah satunya olahan Industri logam menjadi produk rumah tangga, serta olahan Industri Kayu yang dibuat menjadi berbagai kerajinan kayu dengan desain semenarik mungkin.

“Kerajinan kayu para pelaku IKM ini ramah lingkungan dan tahan lama dikarenakan terbuat dari kayu ulin,” ucap Habibie.

Di tempat yang sama, Kabid KP2I Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan selatan Fitridani menyampaikan, stand Disperin Kalsel untuk menyemarakkan Event MTQ Nasional ke 29 Di Kalimantan Selatan, juga dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran sertifikasi halal bagi pelaku IKM dan UMKM yang ingin mendaftarkan produk mereka.

“Bagi pelaku IKM dan UMKM yang merasa kesulitan mendaftarkan produk mereka, maka dapat mengunjungi stand Disperin Kalsel di Kalsel Expo 2022,” ucap Fitridani.

Pada bilik fasilitasi sertifikasi produk halal di Stand Disperin Kalsel, para pengunjung dapat melihat tata cara pendaftaran produk, serta dapat berkonsultasi kepada para petugas Disperin Kalsel, apabila tidak mengerti tata cara pendaftaran sertifikasi halal.

“Fungsi fasilitasi sertifikasi halal ini untuk memudahkan pelaku IKM dan UMKM dalam Mendaftarkan produk mereka untuk mendapatkan sertifikasi halal,” tutup Fitridani. (MRF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.