27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BPSMB Kalsel Siap Buka Layanan Produk Impor Karet Bersertifikasi SNI

2 min read

Kepala BPSMB Provinsi Kalsel, Tanwiriah

BANJARBARU – Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Provinsi Kalsel bakal membuka layanan khusus produk impor wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi perusahaan karet yang bertujuan secara legal mudah memasarkan ke luar negeri.

Kepala BPSMB Provinsi Kalsel, Tanwiriah, mengatakan terobosan layanan tersebut tengah dipersiapkan kematangannya. Hal itu, menyusul juga akan dilakukannya pengajuan akreditasi kepada Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Tentu dibutuhkan kerja keras agar bisa mengembangkan layanan untuk cakupan lebih baik lagi. Dimana, kami sedang menyusun mutu produk impor wajib SNI khusus karet,” ujarnya kepada Abdi Persada FM, Selasa (4/10) siang.

Menurutnya, selain sebagai bentuk inovasi baru dalam penerimaan kas daerah. Tentu, langkah ini juga semakin memudahkan proses impor barang berupa SIR karet yang telah dilakukan pengujian.

“Harapannya dapat memudahkan pelanggan kami khusus perusahaan pemasaran komoditi karet yang ingin melakukan impor ke luar negeri. Yang jelas, hasil sertifikasinya diakui,” paparnya.

Disamping itu, kata dia, dengan diakuinya oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Secara legal pula, sertifikat setara SNI dapat dikeluarkan.

“Akhir Oktober ini akan menjadi tahapan terakhir dan semoga tahun 2023 sudah bisa terakreditasi. Nantinya bisa menjalankan layanan ini,” harapnya.

Sementara itu, lanjut Tanwiriah, layanan lainnya seperti Kalibrasi juga masih dianggap menjanjikan sebagai optimalisasi penerimaan kas daerah.

“Rencananya ada layanan Kalibrasi yang akan diakreditasi lagi oleh KAN ke BPSMB Kalsel yakni Termometer inframerah. Mudah-mudahan bisa meningkatkan lagi penerimaan PAD kami yang telah berstatus BLUD,” ucapnya.

Apalagi, menurutnya, kehadiran program jemput bola secara in situ yang terus diselenggarakan berkelanjutan itu diakui masih menjadi unggulan bagi pelanggannya yang tak bisa dijangkau langsung laboratorium induk BPSMB Provinsi Kalsel. Malah, ratusan perusahaan sudah mendapatkan hasil memuaskan dari layanan ini secara baik dan lancar.

“pengembangan layanan ini lebih luas, tak hanya menjangkau tiga wilayah baik Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar saja. Juga luar daerah bisa mendapatkan ini,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.