18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

47 Foto Keindahan Geopark Meratus di Pamerkan di GFJA

2 min read

Wakil Gubernur, Muhidin (kanan), didampingi tamu undangan saat menghadiri pameran foto di GFJA

JAKARTA – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Biro Kalsel, menyelenggarakan pameran foto Geopark Meratus di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta.

Pameran yang berlangsung mulai 4-13 Oktober 2022 ini menampilkan sedikitnya 47 foto keindahan Geopark Meratus, yang mana 25 foto yang dipamerkan merupakan hasil dari para pemenang kompetisi foto Geopark Meratus yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalsel pada Juli lalu.

Dalam sambutannya pada pembukaan pameran, Selasa (4/10), Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, melalui Wakil Gubernur, Muhidin, mengucapkan apresiasi terhadap semua pihak yang tergabung dalam pengembangan Geopark Meratus ini. Apalagi Geopark Meratus sendiri disebutkannya, merupakan Geopark Nasional pertama yang ada di Kalimantan dan menjadi salah satu dari dua geopark di Indonesia yang akan diajukan sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 2023 mendatang.

“Kami masyarakat Kalsel tentunya merasa bangga memiliki warisan geologi yang mendunia,” ucapnya.

Dengan mengangkat tema “The Expans of Ancient Mesotethys Ophiolite” atau Hamparan Oviolit Samudera Purba, kawasan Pegunungan Meratus meliputi 25 persen dari luas wilayah Kalsel, serta menyimpan kekayaan flora dan fauna.

“Atas nama masyarakat Kalsel, saya mengundang para hadirin sekalian untuk berkunjung ke Geopark Meratus dan menikmati keindahan dan keunikan alamnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, pameran yang diselenggarakan oleh pihaknya tersebut mendapat respon sangat baik dari seluruh tamu yang berhadir, termasuk dari pihak UNESCO.

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, saat menghadiri pameran foto Geopark Meratus di GFJA, Jakarta

“Kita mengundang Kementrian terkait seperti Kemendagri, Kementrian ESDM, ada juga tadi dari UNESCO, serta dari LKBN Antara, dan mereka semua menyambut positif terhadap pengembangan Geopark Meratus sebagai UGG,” terangnya.

Selain untuk menunjukkan keindahan alam yang dimiliki Geopark Meratus, Muslim mengaku pameran ini juga bertujuan untuk mengenalkan Geopark Meratus sebagai tempat untuk konservasi, edukasi, dan kesinambungan pemberdayaan ekonomi.

“Karena disana ada potensi pariwisata dan lain sebagainya kan,” ucapnya.

Tak lupa Muslim menghimbau kepada masyarakat, agar turut serta mendukung upaya pemerintah dalam menjadikan Geopark Meratus sebagai Geopark yang diakui oleh dunia.

“Mari sebarkan pesona keindahan Meratus kepada komunitas terdekat maupun rekan sejawat, dan jangan lupa untuk terus merawat warisan geologi ini untuk anak cucu kita nanti,” pesannya. (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.