19 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Paman Birin Ingatkan Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut

2 min read

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menghadiri dan membuka acara Gerakan Sikat Gigi Massal dan Bhakti Sosial dalam rangka Peringatan Hari Gigi Nasional tahun 2022 di SDIT Al Firdaus yang berlokasi di Jalan Sungai Gampa Kelurahan Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara, Senin (12/9).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di Kalsel dan semua pihak terlibat dalam kegiatan sikat gigi massal HKN 2022 yang diikuti 720.000 anak di seluruh Indonesia, termasuk jatah Kalsel sebanyak 20.000 anak yang tersebar di 13 kabupaten/kota, untuk pencapaian rekor MURI tersebut.

Suasana Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut di SDIT Al-Firdaus Banjarmasin

Paman Birin mengingatkan pentingnya edukasi tentang pemeliharaan gigi, terutama untuk anak-anak. Mengingat, sektor kesehatan merupakan salah satu bagian terpenting dan menjadi sasaran utama pembangunan sehingga Pemerintah Provinsi Kalsel terus mengupayakan agar masyarakat hidup dalam keadaan yang sehat. Upaya-upaya tersebut, lanjutnya direalisasikan melalui program-program peningkatan kualitas dan jangkauan layanan kesehatan, program sosial, hingga kesehatan lingkungan.

“Saya menyadari, bukan perkara yang mudah dan sederhana untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Banyak persoalan yang harus terurai dalam mewujudkan masyarakat sehat, dari persoalan biaya, kultur, budaya, akses, dan yang utama adalah kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan,” jelasnya.

Paman Birin pun mendorong kegiatan seperti ini terus disebarluaskan secara lebih sering dan konsisten melalui seluruh kanal dan saluran informasi yang ada dan dekat dengan anak-anak. Ia juga tak lupa mengingatkan semua, bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Menjaga kesehatan tubuh, merupakan cara yang paling baik untuk mencegah datangnya berbagai penyakit.

“Kepada para orangtua, para guru dan tenaga pendidik lainnya, mari kita terus ingatkan dan beri contoh kepada anak-anak kita, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi yang baik, bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar, sehingga menjadi kebiasaan anak-anak kita yang dibawa sampai mereka dewasa,” pesannya.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Wali Kota Banjarmasin Ariffin Noor, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.Muhammad Ramadhan serta Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, Sulkan itu, melibatkan 145 siswa SDIT Al-Firdaus yang melakukan sikat gigi massal dan kegiatan serupa dilakukan di seluruh kabupaten/kota se Kalsel. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.