20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Lewat Pelatihan, BLK Kalsel Siap Cetak Pekerja Handal dan Profesional

2 min read

Peserta pelatihan yang lolos seleksi di BLK Kalsel

BANJARBARU – Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kalsel pada Juli 2022 lalu telah menyelesaikan proses seleksi. Selanjutnya, akan diberikan keahlian khusus agar memuluskan peluang mencari pekerjaan. Dari 249 pendaftar, tercatat hanya 80 orang yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan keterampilan.

Untuk itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, berpesan kepada yang terpilih itu agar mampu mengembangkan diri untuk lebih maju serta nantinya siap berdaya saing. Sehingga, angka pengangguran mampu ditekan seiring adanya pendidikan dan pelatihan ini.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, saat memberikan sambutan pembukaan kepada peserta pelatihan di BLK Kalsel

“Maka dari itu, Pemprov Kalsel terus berkomitmen untuk dapat memenuhi ketersediaan tenaga kerja yang terampil, ahli dan siap menjawab tantangan dunia pekerjaan salah satunya adalah penyenggaraan kegiatan pelatihan pendidikan ini sebagai penjamin mutu terbaik,” ujarnya dalam sambutan pada acara pembukaan pendidikan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berbasis kompetensi institusional APBD Tahun 2022 angkatan kedua, diselenggarakan di aula utama BLK Provinsi Kalsel, Senin (22/8) siang.

Tak ketinggalan, ia mengungkapkan, sebagai pintu gerbang IKN, kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas tentu sangat dibutuhkan di Kalsel, seiring perkembangan teknologi zaman yang semakin maju.

“Bahkan dengan adanya kualitas tersebut tentu dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga, angka pengangguran mampu secara positif ditekan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel, Irfan Sayuti, menuturkan, setelah dinyatakan berhasil mendapatkan keterampilan dan lulus di BLK. Harapan terbesarnya adalah mampu mengimplementasikan seluruh ilmunya di dunia pekerjaan.

“Yang diharapkan juga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, dia membeberkan, kegiatan seleksi diselenggarakan pada 27 – 28 melalui tes yang dilakukan secara online. Sedangkan, wawancara dilaksanakan pada 4 Agustus lalu.

“Adapun rincian sesuai domisi yang diterima Banjarmasin sebanyak 7 orang, Kabupaten Banjar 37 orang, Banjarbaru 14 orang, Batola 10 orang, Tala 4 orang, Tanbu 2 orang, Kotabaru 2 orang, HSS 3 orang dan HST 1 orang. Untuk totalnya keseluruhan berjumlah 80 orang,” paparnya.

Di lokasi yang sama, Kepala BLK Kalsel, Muhammad Yusfiansyah, menyebutkan, setidaknya ada sekitar lima paket jurusan yang digelar pihaknya diantaranya Tata Rias Kecantikan, Operator Mesin Bubut, Instalasi Tenaga, Menjahit Pakaian Dasar dan Servis Ringan Sepeda Motor.

“Ini adalah pelatihan ditahap keempat dari APBD. Kegiatannya akan diselenggarakan sampai September mendatang,” ucapnya.

Ia merincikan, setelah mengikuti kegiatan pelatihan selama satu bulan setengah. Selanjutnya, dalam waktu dua bulan mereka akan melakukan kegiatan praktek magang sesuai jurusannya.

“Akan Tetapi, apabila dalam masa pelatihan ada peserta yang sudah bekerja. Maka, mereka tidak melaksanakan magang,” pungkasnya. (RHS/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.