14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DPRD Banjarmasin : Generasi Muda Harus Siap Hadapi Era Society 5.0

2 min read

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya, saat menjadi narasumber

BANJARMASIN – Kalangan legislatif menggelar Hearing dan Dialog Wawasan Kebangsaan, dengan mengangkat tema Membangun Karakter Bangsa dalam Era Society 5.0 Demi Mewujudkan Indonesia Emas.

Suasana Hearing DPRD Banjarmasin

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya, sebagai narasumber pada Selasa (16/8) sore menyampaikan, negara Indonesia adalah negara hukum, maka konsep Society 5.0 yang digagas oleh Jepang, dengan komponen utama manusia mampu menciptakan hal baru, dimaksudkan agar mampu meningkatkan perekonomian.

“Karakter bangsa tidak boleh hilang akibat tergerus kemajuan zaman,” katanya

Disampaikan Harry, melalui Society 5.0 ini perlu kecerdasan yang memperhatikan sisi kemanusiaan, kemudian mentransformasi jutaan data dan dikumpulkan melalui internet pada segala bidang kehidupan.
Generasi muda Indonesia sangat berperan dalam mengaplikasikan tersebut.

“Sumber Daya Manusia yang ada harus memanfaatkan, karena SDM dalam negeri tidak kalah berkualitas dengan luar negeri,” ungkapnya.

Harry berharap, dengan adanya Society 5.0 ini dapat semakin mengembangkan Sumber Daya Manusia di negara Indonesia, dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dan mampu bersaing. Mengingat akan mengalami kesulitan kalau hanya mengandalkan lembaga pendidikan, sehingga elemen masyarakat dan pemangku kepentingan harus terlibat sepenuhnya, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, organisasi serta masyarakat.

“langkah yang harus dilakukan memperkuat kualitas pendidikan dan kompetensi mahasiswa,” pinta Harry.

Sementara itu, Ketua GMNI Banjarmasin Bayu Hendra Kusuma, menyambut baik acara Hearing dan Dialog Wawasan Kebangsaan bersama DPRD Banjarmasin. Hal ini tentunya menambah banyak wawasan dan pengalaman yang bisa diambil dari dialog dengan wakil rakyat, terutama menghadapi era society 5.0.

“Sebagai generasi muda, kita harus siap dengan perubahan zaman, seperti memiliki inovasi dan belajar banyak hal diera digital,” tutupnya.

Foto bersama Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Banjarmasin bersama kalangan mahasiswa

Untuk diketahui, dalam acara Hearing dan Dialog Wawasan Kebangsaan di gelar di Gedung Paripurna DPRD Banjarmasin. Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Matnor Ali juga turut menjadi narasumber, didampingi Tugiatno, dan beberapa Angggota DPRD Banjarmasin yakni Deddy Sophian, Afrizaldi, M Rasyid Ridha, Arufah Arif, Zainal Hakim, dihadiri Kesbangpol Banjarmasin, dan puluhan mahasiswa di Kalsel. (NHF/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.