18 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Tingkatkan Ekonomi Desa, Bank Kalsel Siapkan Program Terobosan

2 min read

Sekdaprov (kiri) dan jajaran komisaris dan direksi Bank Kalsel saat pembukaan BUMDes Expo

BANJARMASIN – Sebagai upaya mendorong dan memberikan ruang kepada para pelaku Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mampu menampilkan produk unggulannya masing – masing sehingga produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan BUMDes EXPO 2022 yang diikuti perwakilan BUMDes Se-Kalimantan Selatan, pada 6-7 Agustus 2022 di pusat perbelanjaan terbesar di Banjarmasin.

Kehadiran BUMDes diharapkan dapat meningkatkan perekonomian tingkat desa. Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, saat membuka kegiatan pada Sabtu (6/8).

Gubernur menyampaikan, bahwa BUMDes adalah salah satu program prioritas pemerintah dalam memajukan desa. Dimana dengan hadirnya BUMDes, diharapkan dapat mendorong aktivitas ekonomi tingkat desa sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah.

“Hadirnya BUMDes diharapkan benar-benar dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal di tingkat desa,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya menuturkan kegiatan ini merupakan program economy recovery milik Pemprov Kalsel yang melibatkan seluruh Kabupaten/Kota sehingga Bank Kalsel bisa melakukan sinergitas dengan para UMKM. Selain itu atas terselenggaranya kegiatan ini, Bank Kalsel juga memberikan dukungan dengan menjadi salah satu sponsor.

“Bagi Bank Kalsel hal ini sangat strategis dimana Bank Kalsel berkepentingan untuk meningkatkan peranan BUMDes melalui pembiayaan/kredit Bank Kalsel,” ungkap Hana.

Untuk meningkatkan ekonomi di desa Bank Kalsel juga tengah menyiapkan sebuah program terobosan dengan menggunakan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai). Laku Pandai merupakan Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

“Jadi nantinya BUMDes akan menjadi mitra atau agen Bank Kalsel untuk mengakses UMKM yang di kecamatan/desa, selain bisa mendapatkan nasabah dan melakukan aktivitas perbankan tentunya BUMDes juga dapat meningkatkan perekonomian di desanya,” pungkasnya.

Selain itu, pada gelaran ini Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Rantau didapuk penghargaan atas dukungan dan pembinaan kepada BUMDes Tapin yang menjadi salah satu terbaik pada penilaian BUMDes se-Kalimantan Selatan Tahun 2022. (ADV-RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.