24 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BUMDes Diharapkan Dapat Berikan Kontribusi Signifikan Bagi Kemajuan Ekonomi Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan ekonomi. Hal itu disampaikan Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar kepada wartawan, usai membuka acara Expo BUMDes 2022, Sabtu (6/8).

Menurutnya, kegiatan Expo BUMDes Tahun 2022 ini sebagai bentuk upaya Pemprov Kalsel dalam mendorong dan memberikan ruang kepada BUMDes agar menampilkan produk unggulannya masing-masing sehingga produk tersebut lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

“Promosi dalam bentuk expo ini juga membuka peluang untuk membangun kemitraan dengan pihak lain, seperti perbankan, investor dan stakeholder lainnya,” katanya.

Disisi lain, lanjut Roy, penghargaaan terhadap BUMDes berprestasi juga relevan diberikan sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemprov Kalsel terhadap BUMDes yang memiliki andil besar dalam membangun desa.

Suasana Pembukaan Expo BUMDes Kalsel Tahun 2022

Sementara, Kepala Dinas PMD Kalsel Faried Fakhmansyah menyampaikan Expo BUMDes 2022 ini sebagai upaya promosi dan temu bisnis antara pengelola BUMDes dengan perbankan, BUMN dan pebisnis yang berminat.

Dalam kegiatan ini, juga diberikan penghargaan BUMDes terbaik tingkat Kalsel tahun 2022 yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada BUMDes agar terus aktif menjalankan usaha yang dimiliki. Selain itu, meningkatkan kapasitas kelembagaan BUMDes sehingga dapat menghasilkan performa yang lebih baik.

“Pemberian penghargaan kepada BUMDes yang telah aktif juga dalam rangka peningkatan perekonomian desa,” jelasnya.

Ke depan, Faried berharap agar BUMDes dapat benar-benar berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa serta dapat menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan usaha-usaha yang ada di desa.

Untuk diketahui, Gubernur Kalsel diwakili Sekdaprov Kalsel membuka Expo BUMDes 2022 di salah satu pusat perbelanjaan di Banjarmasin yang dilaksanakan selama dua hari yaitu 6 dan 7 Agustus 2022. Pembukaan ditandai dengan prosesi “Tepuk Mayang” oleh Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar dengan didampingi Ketua DPRD Kalsel, Supian HK dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kalsel, Faried Fakhmansyah.

Dalam kesempatan itu, juga diberikan penghargaan kepada enam BUMDes terbaik, diantaranya BUMDes Maju Jaya Desa Padang Panjang Kabupaten Tabalong meraih Penghargaan BUMDes Terbaik Pertama Tingkat Provinsi Tahun 2022. Disusul BUMDes Makmur Jaya Abadi Sentosa Desa Ayunan Papan Kabupaten Tapin meraih penghargaan terbaik kedua dan BUMDes Tirta Jaya Desa Mekar Jaya Kabupaten Tanah Bumbu meraih penghargaan terbaik ketiga. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.