27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Labkesda Kalsel Siapkan Kelengkapan Untuk Akreditasi A Kesehatan Lingkungan

1 min read

BANJARMASIN – Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Selatan sedang menyiapkan kelengkapan untuk persyaratan memenuhi akreditasi A Kesehatan Lingkungan.

Suasana Kunjungan Kemenkes RI ke Labkesda Kalsel

Hal itu disampaikan Kepala Labkesda Kalsel, Riko Ijami kepada wartawan, Jum’at (5/8).

Menurutnya dalam upaya persiapan tersebut, Labkesda Kalsel mendapatkan kunjungan pihak Direktorat Penjaminan Mutu Kementerian Kesehatan, beberapa waktu lalu. Kunjungan Kemenkes itu, lanjut Riko, dalam rangka monitoring dan evaluasi karena Labkesda melaksanakan assesment untuk akreditasi A kesehatan lingkungan pada bulan Agustus ini.

“Jadi ini dalam rangka pembinaan, bimbingan sekaligus untuk pendampingan ke Labkesda,” katanya.

Riko menjelaskan dalam kunjungan tersebut, pihak Kemenkes ingin mengetahui sejauh mana aturan pemerintah pusat yang telah dilaksanakan oleh Labkesda Kalsel, khususnya yang berkaitan dengan kesiapan data-data, dokumentasi, fasilitas penunjang serta proses pelayanan termasuk indeks nasional mutu dan indeks penjaminan kesehatan pasien.

“Jadi ada dua hal utama yang menjadi evaluasi dari Kemenkes. Mereka datang kemudian melakukan evaluasi dan ada beberapa hal yang mungkin menjadi permasalahan. Itu yang nanti akan dilakukan pendampingan untuk kelengkapan,” jelasnya.

Riko berharap, dengan adanya kunjungan Kemenkes RI, Labkesda bisa menjadi lebih baik, baik yang menyangkut pelaksanaan secara teknis dan administrasi sehingga nanti pada saat dilakukan assessment, Labkesda telah memenuhi persyaratan sehingga bisa terakreditasi dengan baik. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.