17 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Satu Jemaah Haji Kalsel Wafat Pada Fase Armuzna

1 min read

Kakanwil Kemenag Kalsel (kopiah) saat memberikan arahan kepada jemaah haji

Arab Saudi – Dilansir dari siaran pers Kementerian Agama RI, total jemaah haji Indonesia yang wafat sejak awal keberangkatan pada 4 Juni 2022 hingga Selasa (12/7) berjumlah 41 orang.

Empat belas diantaranya pada fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) terdiri atas satu jemaah wafat di KKHI Arafah, enam jemaah wafat di KKHI Makkah, dan tujuh jemaah wafat di KKHI Mina.

Satu diantara 14 jemaah haji yang meninggal dunia pada fase Armuzna tersebut adalah jemaah haji dari Kalsel, yang tergabung dalam kloter 3 embarkasi Banjarmasin.

“Satu jemaah haji Kalsel meninggal dunia, yakni atas nama Maslina Saberan Udin berasal dari Kabupaten Tapin, meninggal pada 11 Juli 2022 di Al Nor Internasional Hospital Makkah,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Muhammad Tambrin, saat berada di Mina dalam tugas sebagai Pengendali Penyelenggaraan Ibadah Haji di Arab Saudi, Senin (11/7).

Selanjutnya, Tambrin mengajak kepada para jemaah haji yang saat ini masih berada di Mina dan sebagian sudah Kembali ke Makkah, untuk bersama-sama mendoakan Almarhumah semoga Husnul Khotimah.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran, kita doakan semoga Almarhumah mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,” katanya.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga hari ke-38 operasional haji di tahun 2015 misalnya, ada 380 jemaah wafat. Sementara pada 2016, ada 149 jemaah wafat. Tiga tahun berikutnya, angka kematian pada angka 274 (2017), 154 (2018), dan 151 (2019).

Jika dibandingkan dengan angka kematian pada hari yang sama untuk lima tahun terakhir, musim haji tahun ini adalah yang paling sedikit. (KANWILKEMENAGKALSEL-RIW/RDM/SYA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.