27 Mei 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

DKP Sulsel Studi Tiru Peningkatan IPLM ke Dispersip Kalsel

2 min read

BANJARMASIN – Mendapatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi di Indonesia selama dua tahun berturut-turut menjadikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai acuan pengembangan perpustakaan bagi provinsi lain.

Hal ini terlihat dari kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Dispersip Kalsel guna menggali informasi terkait upaya meraih IPLM tertinggi se-Indonesia, Rabu (29/6).

Suasana Kunjungan DKP Sulsel ke Dispersip Kalsel

Rombongan DKP Sulsel yang diwakili Koordinator Pustakawan, Syamsul Arif dan Nazaruddin diterima oleh Plt Sekretaris Dispersip Kalsel, Endang Camsudin didamping Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan, Wildan Akhyar beserta jajarannya.

“Kami ingin menggali bagaimana nanti IPLM kami dapat sama, padahal pustakawan di DPK Sulsel sebanyak 86 orang, sedangkan disini informasi dari kepala dinas hanya ada 13,” kata Koordinator Pustakawan Sulsel, Syamsul Arif kepada wartawan.

Sementara, Plt Sekretaris Dispersip Kalsel, Endang Camsudin, merasa senang atas kunjungan ini, yang dijadikan wahana untuk saling berbagi informasi dan pengalaman.

“Memang kita memiliki IPLM yang tertinggi, di 2020 berada pada angka 48,70, dan naik kembali pada 2021 di angka 58,13,” ujar Endang.

Sedangkan Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie menyampaikan bahwa setiap Dispersip provinsi punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, pihaknya juga selalu menggali berbagai keunggulan di wilayah lain.

“Sulsel luar biasa, punya lokasi strategis di pusat kota, dekat perkantoran, dekat objek wisata, bahkan dekat perguruan tinggi, terlebih dari jumlah SDM, sedangkan kita tidak. Namun, kita hanya memaksimalkan yang ada untuk dapat unggul,” jelas Nurliani, melalui siaran pers Dispersip Kalsel.

Selain berdiskusi dan berbagi informasi, perwakilan DKP Sulsel juga diajak berkeliling melihat fasilitas pelayanan Perpustakaan Palnam. Dalam kesempatan itu, mereka berdua mendaftarkan diri dan mendapatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan Palnam. (NRH/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.