22 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Kejar Outstanding Achievement, LAPOR! PAMAN Masuk Tahap Evaluasi Lanjutan

2 min read

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, saat memaparkan LAPOR! PAMAN secara virtual dihadapan para juri dari KEMENPAN-RB

BANJARBARU – Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) milik Pemprov Kalsel dengan branding “LAPOR! PAMAN”, mengikuti evaluasi lanjutan dan penjurian dalam kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik ke 4 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara-Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB).

Dihadapan para juri melalui virtual di Command Center Setdaprov Kalsel, pada Senin (23/5), Gubernur Kalimantan, Sahbirin Noor memaparkan, pengelolaan LAPOR! PAMAN selama ini telah memberikan perbaikan kualitas pelayanan publik yang dirasakan masyarakat melalui berbagai kanal.

Dampaknya pun, lanjutnya, sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik
di Kalsel.

“Hal ini tergambar dari nilai SKM (Survey Kepuasan Masyarakat) maupun IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) yang berwenang secara tepat, dan terlihat dari hasil survey yang pernah dilakukan kepada pengguna aplikasi SP4N-LAPOR. Serta peningkatan jumlah aduan dari tahun ke tahun, maupun umpan balik dari pengguna layanan yang kami buat dalam kisah sukses LAPOR,” ucap Paman Birin (sapaan akrab).

Dalam proses pengelolaan LAPOR! PAMAN, Paman Birin mengaku sangat mendukung penuh setiap tahapan demi tahapan pengembangannya. Bahkan dirinya juga sering menyempatkan diri untuk selalu berhadir disetiap kegiatan LAPOR!, hingga mengambil kebijakan, hingga monitoring dan evaluasi, sebagai pertimbangan dari hasil berbagai aduan yang masuk melalui sistem LAPOR!

“Kami di Kalimantan Selatan memang hanya menggunakan LAPOR sebagai satu-satunya kanal pengaduan terintegrasi sesuai amanat Permenpan 62 tahun 2018 yang dibranding menjadi LAPOR PAMAN sesuai kearifan lokal, agar lebih dekat dan lebih cepat bisa diterima masyarakat,” paparnya.

Terkait dengan implementasi, LAPOR! PAMAN didukung dengan alokasi sumber daya manusia pengelola yang memadai, baik secara jumlah maupun kompetensi yang kebutuhannya dievaluasi secara rutin.

“Dan yang tidak pernah berhenti dilakukan adalah bahwa LAPOR PAMAN selalu terus menerus secara berkelanjutan melakukan sinergi dengan berbagai pihak, salah satunya adalah dengan Ombudsman RI, maupun Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan,” terangnya.

Dalam perjalanannya sejak tahun 2017 hingga saat ini, Pemprov Kalsel melalui LAPOR! PAMAN, telah berhasil meraih berbagai macam penghargaan di ajang nasional. Diantaranya top 25 pelayanan publik terbaik di tahun 2018, meraih piala ANGGAKARA BIRAWA sebagai 10 instansi pemerintah kategori Pengelola dengan Aspek Keberlanjutan Inisiatif Terbaik, serta menjadi satu-satunya provinsi yang berada di 6 Outstanding Achievment.

Di tahun ini, Pemprov Kalsel berharap dapat meraih predikat Instansi Pemerintah pengelola LAPOR! Dengan Outstanding Achievement (prestasi luar biasa). (SYA/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.