20 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

BIAN Dimulai. 1,4 Juta Anak di Kalsel Jadi Sasaran Imunisasi

2 min read

BANJARMASIN – Limapuluh anak menjadi sasaran imunisasi pada Kick Off atau peluncuran program Bulan Imunisasi Anak Nasional Indonesia (BIAN) di Posyandu Lestari kelurahan Sungai Miai kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Rabu (18/5). Didampingi ibunya masing-masing, anak-anak ini datang memenuhi halaman luar Posyandu sejak pagi. Kick off di Posyandu Lestari ini, menjadi perwakilan wilayah Kalimantan Selatan, pada Kick Off tingkat nasional oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual, dari kota Tanjung Pinang kepulauan Riau. Program BIAN tahun 2022 ini, merupakan inisiasi dari United Nations Internasional Children’s Emergency Fund (UNICEF) dan Kementrian Kesehatan RI.

Ditemui Abdi Persada FM pada Rabu (18/5) di Posyandu Lestari, Zona Koordinator Imunisasi UNICEF, Puja Fitria Kartika Sari menjelaskan, program ini merupakan upaya UNICEF membantu Indonesia mengejar ketertinggalan capaian imunisasi rutin, yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19. Selain itu juga, program ini untuk meningkatkan imunitas anak Indonesia dari penyakit campak serta rubella.

Suasana saat Kick Off BIAN di kota Banjarmasin

“Kita menargetkan, melalui program ini capaian imunisasi campak dan rubella sekitar 95 persen. Sedangkan untuk imunisasi kejar, sekitar 80 persen. Untuk tahap pertama program BIAN dimulai di wilayah luar pulau Jawa dan Bali, pada 18 Mei hingga pertengahan Juni nanti. Kemudian pada Agustus 2022, dilanjutkan untuk wilayah pulau Jawa dan Bali”, jelasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Diauddin, sebanyak 1,4 juta anak usia 9 bulan hingga 12 tahun, menjadi sasaran program ini hingga pertengahan Juni mendatang.

“Kita maksimalkan program imunisasi ini hingga Juni nanti mengingat pada Mei ini, sekolah masih banyak yang libur. Kita harapkan, jumlah anak yang mendapatkan imunisasi melalui program ini, dapat mendekati target nasional,” tutupnya.

Kick Off program BIAN di Posyandu Lestari ini, dilakukan Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor. Turut hadir Ketua TP PKK kota Banjarmasin Siti Wasilah, dan sejumlah pejabat di lingkup pemko Banjarmasin. Sementara Asisten 1 Pemprov Kalsel, Fajar Desira hadir mewakili Gubernur Kalsel, saat kegiatan Video Conference dengan Presiden RI, dalam rangka Kick Off program secara nasional. (RIW/RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.