14 Juni 2024

LPPL Radio Abdi Persada 104,7 FM

Bergerak Untuk Banua

Hingga 12 Mei, Basarnas Banjarmasin Tetap Siagakan Tim Rescue Khusus Angkutan Lebaran

2 min read

BANJARMASIN – Seperti yang terlihat, saat ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin (BASARNAS) masih menempatkan personil rescuer dan sarana pendukung di beberapa titik strategis untuk mengantisipasi response time apabila terjadi kejadian emergency. Hal ini dilakukan karena pihaknya masih terus Siaga SAR khusus Angkutan Lebaran 1443 H.

Beberapa Posko Terpadu yang berada di Pelabuhan Bandarmasih, Bandara International Syamsudin Noor Banjarmasin, Obyek Wisata, dan Posko lain tak luput dari perhatian Basarnas Banjarmasin dengan menempatkan personil rescuer yang tergabung dengan tim dari instansi dan organisasi kemanusiaan yang lain untuk memberikan jaminan pelayanan keselamatan mudik lebaran dan wisata tahun ini. Giat ini juga dilaksanakan oleh tim rescue yang berada di Pos Pencarian dan Pertolongan Kotabaru, Unit Siaga SAR Tabalong dan Batulicin.

“Insiden yang terjadi pada pelaksanaan siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun ini, dua kejadian kecelakaan kerja yang terjadi di laut Tabuneo, hal yang patut kita perhatikan adalah kesadaran masyarakat dalam beraktifitas, terutama yang berkaitan dengan keselamatan berkendara atau keselamatan saat berwisata,” ujar Kepala Basarnas Banjarmasin Al Amrad dalam rilisnya yang diterima Abdi Persada FM, Minggu sore (8/5).

Kembali ditenegaskannya, pihaknya mensiagakan beberapa tim di lokasi-lokasi obyek wisata yang padat pengunjung.

“Potensi terjadi insiden itu tetap ada dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang dan tidak semua paham atau memperhatikan keselamatan diri sendiri serta anggota keluarganya. Kami dari Basarnas juga berkoodinasi dengan para pengelola tempat wisata, seyogyanya memberikan peringatan atau himbauan tertulis di lokasi wisata mereka masing-masing agar tidak melakukan kegiatan yang mempunyai resiko keselamatan terutama di obyek wisata pantai dan danau. Dalam pelaksanaan siaga SAR Khusus, kami juga menekankan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Serta menjaga kebugaran baik fisik ataupun mental sehingga bisa melaksanakan pelayanan bagi masyarakat secara profesional dan maksimal,” tegas Al Amrad panjang lebar.

Layanan emergency call menurut Al Amrad, juga pihaknya aktifkan untuk memudahkan masyarakat memberikan informasi apabila terjadi keadaan darurat yang membutuhkan pelayanan jasa SAR dari pihaknya. Layanan tersebut bisa diakses melalui nomor 115 (bebas pulsa) dan 08115015115.

“Kami berharap layanan ini juga bisa terus disosialisasikan kepada masyarakat oleh para pengelola tempat wisata dan para petugas yang berada di posko-posko terpadu yang ada saat ini, terang Wasino Kasubsi Operasi dan Siaga Basarnas Banjarmasin,” harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022 ini direncanakan akan di tutup pada 12 Mei 2022. Tidak hanya Basarnas Banjarmasin yang melaksanakan kegiatan tersebut, namun UPT Basarnas di seluruh Indonesia juga melakukan kegiatan yang sama, hal tersebut dilaksanakan sesuai amanah undang-undang, bahwa Basarnas mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam memberikan jasa pelayanan SAR kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun dan untuk siapapun dan harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam situasi apapun. (SAR.BJM-RDM/RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Abdi Persada | Newsphere by AF themes.